Cara Mudah Merawat Fitur Electric Power Socket Pada Motor

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Minggu, 2 Januari 2022
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Beberapa produk sepeda motor keluaran terbaru terbaru telah dilengkapi fitur electric power socket. Fitur ini dihadirkan untuk memudahkan si pengguna dalam melakukan pengisian ulang daya baterai gawai.

Mengingat fitur ini berkaitan dengan sistem kelistrikan, oleh karenanya perawatan secara berkala mesti dilakukan.

Hal ini untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada kendaraan kesayangan serta menjaga durabilitas fitur tersebut.

Yamaha yang memiliki sederet produk dengan fitur electric power socket punya beberapa tips dalam merawat fitur tersebut.

Pertama, pastikan electric power socket selalu dalam kondisi bersih mencegah debu masuk kedalam yang menyebabkan penyumbatan arus listrik.

Kedua, selalu tutup electric power socket untuk mencegah korosi karena air yang masuk saat hujan atau mencuci motor.

Ketiga, rutin membersihkannya. Caranya dengan menyemprotnya menggunakan angin kompresor dengan tekanan rendah, dilansir dari Liputan6.com (31/12/2021).

Gunakan USB Charger Kit Sesuai Spesifikasi Motor

Bagi yang motornya belum dilengkapi fitur ini dan ingin mengadopsinya, pastikan gunakan USB charger kit sesuai spesifikasi motor.

Contohnya untuk Yamaha Gear 125 bisa menggunakan USB charger kit dengan daya maksimum 12 volt dan arus 2 ampere agar dapat berfungsi normal.

Sebagai perlindungan, hindari memasang perangkat elektronik di luar spesifikasi apalagi sampai mengubah jalur kelistrikan, normalnya jika terjadi korsleting maka sekring akan memutus arus secara otomatis.

Sekadar informasi, sepeda motor Yamaha dengan fitur Electric Power Socket memiliki standar yang sesuai sehingga tidak mempengaruhi performa motor.

Yamaha juga menyediakan aksesoris USB charger Kit untuk motor Yamaha Gear 125 yang bisa dibeli pada Dealer Resmi Yamaha dan Toko Online Yamaha Motor Genuine Official.

Jika terjadi kerusakan atau korsleting, pengendara hanya perlu mengganti sekring yang rusak karena korsleting hanya akan memutus sekring untuk bagian charger. (Uli)