Cara Mudah Mengatasi Tangan Dan Kaki Yang Bengkak Ketika Hamil

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Selasa, 10 November 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Pada saat seseorang tengah hamil, terdapat sejumlah hal yang biasa dialami oleh seorang ibu. Hal ini biasanya menimbulkan dampak baik secara fisik dan mental.

Salah satu hal yang cukup identik terjadi ketika kehamilan adalah tangan dan kaki yang membengkak. Hal ini membuat kamu jadi kesulitan dan tak nyaman karena ukuran kaki dan tangan yang tiba-tiba membesar.

Kondisi membengkak ini terutama pada telapak kaki bisa sangat mengganggu. Selain menjadi sulit untuk berdiri lama, hal ini juga bisa membuat alas kaki yang kamu gunakan jadi tak muat.

Pembengkakan ini sendiri biasanya dipicu oleh dua penyebab yaitu karena retensi air dalam tubuh dan peningkatan volume darah. Dilansir dari Merdeka.com (08/11/2020), berikut sejumlah cara untuk menyembuhkan pembengkakan yang terjadi ketika hamil.

Sering Bergerak

Jika kamu berhenti bergerak sama sekali, maka terdapat kemungkinan lebih besar dalam mengalami pembengkakan selama kehamilan. Duduk terlalu jelas meningkatkan retensi air dalam tubuh, ini lah yang memicu pembengkakan. Jadi rajinlah berjalan santai atau melakukan latihan yang disarankan oleh dokter kamu.

Berendam

Berendam dalam air atau berenang dapat membantu kamu merasa lebih ringan dan ceria. Jika kondisimu tak memungkinkan untuk berenang, maka merendam tubuh di bak mandi juga dapat membantu. Tapi pastikan bahwa air tidak terlalu panas karena air panas tidak baik untuk wanita hamil.

Meluruskan Kaki

Duduk di kantor atau rumah dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan kaki bengkak. Tubuh kamu membutuhkan peregangan agar sirkulasi darah lancar. Jadi letakkan bangku kecil di bawah meja kamu agar kaki bisa bersandar dan tidak ditekuk terus.

Tidur Miring ke Kiri

Berbaring dengan menghadap ke sebelah kiri membantu meningkatkan sirkulasi darah. Cobalah untuk berbaring pada sisi kiri sesering mungkin karena hal ini dapat mengurangi pembengkakan secara efektif.

Mengurangi Asupan Garam

Ketika kamu hamil, tubuh cenderung mempertahankan lebih banyak air atau disebut sebagai edema. Garam seperti yang kamu tahu, menahan air lebih banyak di tubuh. Jadi mengurangi asupan garam kamu untuk mengurangi pembengkakan selama hamil.

Sejumlah hal di atas dapat membantu kamu mengatasi masalah pembengkakan yang dialami selama kehamilan. Dengan melakukan cara-cara sederhana tersebut, tubuhmu bisa bebas dari bengkak ketika sedang hamil. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: