Cara Mudah Dan Singkat Untuk Berantas Bakteri Penyebab Bau Sepatu

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Senin, 22 Februari 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Gel pembersih tangan atau hand sanitizer menjadi salah satu benda yang kerap dibawa banyak orang ke mana-mana. Benda satu ini biasanya menjadi salah satu pembersih tangan yang mudah karena tanpa air dan juga memiliki bau harum yang khas.

Namun siapa sangka bahwa pembersih tangan ini tak hanya bisa digunakan untuk membersihkan tangan saja. Gel ini ternyata memiliki manfaat lain yaitu dapat digunakan sebagai pewangi sepatu.

Dilansir dari Merdeka.com (20/02/2021), trik membuat sepatu wangi dengan menggunakan pembersih tangan ini sesungguhnya masuk akal dan cukup unik untuk dilakukan. Bau tak sedap yang muncul pada sepatu ini sesungguhnya disebabkan oleh kondisi berkeringat yang menjadi indikasi hidupnya bakteri di kaus kaki, sepatu dan kaki, ujar Luke Lombardo pelatih lari bersertifikasi.

“Bukan hanya penting untuk menyingkirkan bau tak sedap di dalam sepatu, namun seharusnya kamu juga membunuh bakteri yang hidup di sepatumu ini,” ujar Lombardo.

Untuk menyingkirkan bau dan bakteri dari sepatu ini, cara pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mencucinya bersih. Namun jika kamu tak cukup memiliki waktu, menggunakan pembersih tangan untuk membersihkan serta menyingkirkan bau tak sedap merupakan salah satu hal yang dapat kamu lakukan.

Gunakan Hand Sanitizer

Untuk melakukan hal ini, disarankan menggunakan pembersih tangan dengan kadar alkohol setidaknya 60 persen. Diketahui bahwa pembersih dengan kadar alkohol antara 60 hingga 95 persen lebih efektif untuk memberantas bakteri.

Pembersih tangan beralkohol cenderung baik dalam membasmi sebagian besar jenis bakteri yang ada. Pastikan kamu cukup memberi pembersih tangan pada sepatu serta pastikan sepatu kering secara sempurna setelah memasangnya dibanding mengelapnya sampai bersih.

Selain menggunakan pembersih tangan, sebagian orang juga menyarankan untuk menggunakan disinfektan atau alkohol untuk membuat sepatu menjadi wangi. Namun satu hal yang harus kamu perhatikan, pastikan sepatu dalam kondisi kering setelah memasang atau mengolis berbagai hal tersebut. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: