Cara Mengenali Produk Kosmetik Telah Kedaluwarsa Biar Masalah Kulit Tak Terjadi

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Rabu, 26 Januari 2022

Indolinear.com, Jakarta – Memakai makeup dan skincare bisa membuat wajah terlihat sempurna serta terawat. Namun tak jarang keduanya bisa membuat wajah seseorang beruntusan.

Wajah berjerawat atau beruntusan akibat pemakaian makeup maupun skincare tidak selamanya disebabkan oleh kandungan pada produk kosmetik.

Terkadang, masalah kulit akibat pemakaian produk kosmetik justru disebabkan oleh kondisi makeup maupun skincare yang telah kedaluwarsa. Ketika kedaluwarsa, produk kosmetik yang awalnya membawa banyak manfaat bisa berubah menjadi sangat berbahaya.

Ketika kedaluwarsa, produk bisa berjamur atau tumbuh bakteri yang menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti infeksi, ruam, dan abses. Nah sebelum hal yang sama menimpa kamu, yuk perhatikan beberapa hal sebelum membeli produk kosmetik yang dilansir dari Dream.co.id (24/01/2022).

Tanggal kedaluwarsa

Sebelum membeli atau memakai produk kecantikan, selalu perhatikan tanggal kedaluwarsa maupun lama pemakaiannya. Biasanya jika tidak memiliki tanggal kedaluwarsa, produk kosmetik memiliki label bertuliskan ’24M’ yang berarti 24 months atau bulan. Sehingga, produk hanya aman dipakai selama 24 bulan setelah segelnya dibuka.

Diminati dan Dapat Penghargaan, Skincare Lokal Buktikan Tak Kalah Saing dengan Produk Luar Negeri

Warna, bau, dan tekstur

Umumnya, produk yang telah kedaluwarsa akan mengalami perubahan pada warna, bau, dan tekstur. Sehingga, kamu bisa memperhatikan ketiga hal tersebut sebelum membeli atau memakai produk kosmetik.

Memperhatikan produk kecantikan secara rutin

Perhatikan produk kecantikanmu minimal setiap 6-12 bulan sekali untuk memastikan makeup dan skincare yang dipakai belum kedaluwarsa. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan alat makeup seperti spons dan kuas agar tetap bersih saat dipakai serta tidak mudah rusak.

Lama pemakaian rata-rata pada produk kecantikan

Meski setiap produk memiliki lama pemakaian yang berbeda-beda, namun kamu bisa menjadikan daftar berikut sebagai panduan ketika tanggal kedaluwarsa telah memudar atau tidak tercantum pada skincare maupun makeupmu.

– Cat kuku: 2 tahun

– Powder foundation dan eyeshadow: 2 tahun

– Liquid foundation dan concealer: 6-12 bulan

– Lipstik, lip pencil, eyeliner pencil, dan eyebrow gel: 1 tahun

– Blush, bronzer, dan krim wajah: 1 tahun

– Lip gloss: 3-6 bulan

– Maskara dan blending sponge: 3 bulan

– Pelembap, krim mata, dan serum: 2 tahun (Uli)