loading...

Cara Mengatasi Biang Keringat dengan Bahan Alami

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Sabtu, 25 Juli 2020

Indolinear.com, Jakarta – Biang keringat biasanya terjadi saat musim panas. Akibatnya produksi keringat berlebih.

Sehingga menyebabkan kondisi kulit menjadi lebih lembab dan memunculkan biang keringat seperti bintik merah atau ruam yang terasa gatal.

Biang keringat biasanya terjadi pada area leher, punggung, dada, wajah, dan lipatan tubuh lainnya.

Meskipun tidak terbilang dalam penyakit serius, namun munculnya biang keringat dapat menggangu penampilan dan membuat tubuh terasa Cara Mengatasi Biang Keringat Dengan Bahan Alami, dilansir dari Dream.co.id (23/07/2020).

Penyebab Munculnya Biang Keringat             

Miliaria atau biang keringat terjadi saat tubuh berkeringat secara berlebih, namun saat yang bersamaan kelenjar keringat tersumbat. Sehingga menyebabkan keringat tidak dapat dikeluarkan dari tubuh.

Keringat yang terhambat inilah yang menyebabkan munculnya ruam atau bintik. Sehingga menyebabkan rasa gatal pada kulit.

Selain itu, biang keringat juga dapat disebabkan oleh lain, seperti berikut ini.

Kepanasan sering terjadi ketika seseorang menggunakan pakaian yang tidak dapat menyerap keringat. Sehingga membuat keringat tertinggal dikulit dan menyebabkan munculnya biang keringat.

Berada ditempat tidur terlalu lama. Bisa saja karena sedang berada dalam kondisi sakit. Hal ini dapat memicu keringat berlebih pada tubuh.

Pengidap obesitas rentan mengalamai biang keringat. Karena tubuh yang lebih besar menghasilkan keringat yang lebih banyak.

Bayi dan anak-anak memiliki risiko yang lebih tinggi terpapar biang keringat. Karena kelenjar keringat pada usia tersebut belum berkembang dengan sempurna.

Untuk itu, biang keringat perlu diatasi menggunakan bahan-bahan yang aman untuk kulit. Salah satunya bahan alami yang berasal dari beberapa tanaman berikut ini.

Lidah Buaya

Lidah buaya dapat digunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan biang keringat. Sensasi dingin yang berasal dari lidah buaya dapat membantu mengatasi keringat yang berlebih pada kulit.

Selain itu, lidah buaya juga memiliki kandungan antiseptik yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit.

Cara penggunaan lidah buaya pun cukup mudah. Cukup mengoleskan gel lidah buaya pada kulit yang terdapat biang keringat lalu mendiamkan beberapa saat. Setelah terasa kering, lalu bilas dengan air bersih.

Lemon

Lemon banyak mengandung vitamin C yang sangat bermanfaat untuk perawatan kulit. Salah satunya membantu mengatasi biang keringat.

Kandungan asam pada lemon mampu mengendalikan minyak yang dihasilkan saat berkeringat. Sehingga lemon dapat mengurangi keberadaan bakteri pada kulit.

Cara menggunakan lemon untuk mengatasi biang keringat juga cukup mudah. Cukup mencampur air perasan lemon kedalam bak mandi.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah tidak disarankan menggunakan teknik ini jika telah terpapar cahaya matahari secara langsung.

Timun

Timun banyak digunakan sebagai salah satu produk kecantikan. Salah satunya untuk mengatasi biang keringat. Sensasi dingin yang dihasilkan timun, dapat membantu meredakan gejala dari biang keringat.

Cara penggunaanya pun cukup mudah. Hanya dengan mengoleskan beberapa irisan timun pada kulit yang menjadi biang keringat. Lalu didiamkan selama beberapa saat.

Cendana

Cendana dipercaya dapat mengatasi produksi keringat berlebih pada tubuh. Cendana pun sudah sejak lama menjadi salah satu pengobatan tradisional.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Yaitu cukup mencampurkan bubuk cendana dengan air mawar, lalu dibalurkan pada bagian-bagian tubuh yang mengeluarkan keringat secara berlebihan. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: