Cara Mencerahkan Wajah Kusam Secara Alami Dengan Jeruk Nipis

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Jumat, 29 November 2019

Indolinear.com, Jakarta – Kulit yang sering terkena debu dan panas matahari tanpa perlindungan, cenderung akan terlihat kusam dan gelap. Wajah yang jarang dilapisi dengan tabir surya juga akan membuatnya jadi sangat kering dan tak bercahaya.

Untuk itu penggunaan berbagai macam krim pelembap dan juga tabir surya, sangat disarankan. Perlindungan terhadap kulit harus dilakukan rutin dan berlapis.

Lalu bagaimana jika kulit terlanjur kusam? Segera kembalikan kondisi kulit. Banyak cara yang bisa dilakukan.

Rutin menggunakan skincare atau bisa juga mengandalkan bahan-bahan alami. Dilansir dari Dream.co.id (27/11/2019), seperti apa langkahnya?

Cara Mencerahkan Wajah Kusam Secara Alami

Bahan alami pastinya bisa digunakan untuk mencerahkan wajah yang kusam. Bahan-bahan alami ini bisa didapatkan dengan mudah dan juga dengan harga terjangkau. Pastikan kamu menggunakan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal

Cara mencerahkan wajah kusam secara alami menggunakan susu

Tuang susu secukupnya ke dalam wadah

Celupkan kapas sampai basah

Tempelkan kapas yang sudah terendam susu pada waja

Tunggu 10-15 menit lalu bilas

Cara mencerahkan wajah kusam secara alami menggunakan beras

Kandungan antioksidan pada beras, pastinya bisa digunakan sebagai pencerah wajah. Berikut caranya:

Cuci beras secukupnya, simpan airnya

Basuh wajah dengan air cucian beras

Diamkan 10-15 menit, lakukan sebanyak 2-3 kali sehari

Cara mencerahkan wajah kusam secara alami dengan lidah buaya

Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit, pastinya juga bisa digunakan untuk mencerahkan wajah, caranya:

Ambil gel pada lidah buaya

Oleskan ke seluruh wajah

Diamkan selama 15 menit sampai kering

Lalu bilas dengan air bersih

Cara Mencerahkan Wajah Pria

Tak hanya wanita, pria juga ingin memiliki wajah yang cerah dan tidak kusam. Beberapa perawatan di bawah ini bisa kamu gunakan sebagai cara mencerahkan wajah untuk pria

Bersihkan wajah secara rutin

Setelah selesai beraktivitas dan sebelum tidur, pasikan kamu sudah membersihkan wajah. Membersihkan wajah bisa menggunakan micellar water maupun milk cleanser dan setelah itu bilas wajah dengan sabun muka. Hal ini harus kamu lakukan setiap hari agar wajah kamu tetap bersih dan semakin cerah

Gunakan pelembab dengan pencerah

Pelembab wajah berfungsi untuk menjaga kelembaban wajah agar tidak kering. Pilih pelembab wajah dengan fungsi mencerahkan kulit untuk mendapatkan wajah yang cerah.

Tabir surya

Hal yang wajib kamu gunakan saat keluar ruangan adalah tabir surya. Lapisi seluruh permukaan wajah dengan tabir surya agar wajahmu terlindungi dari sinar matahari yang bisa membuat wajah kusam

Cara Mencerahkan Wajah dengan Jeruk Nipis

Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis, pastinnya bisa digunakan sebagai cara mencerahkan wajah dengan bahan alami. Cara penggunaannya bisa bermacam-macam. Bisa dibuat masker, toner dan juga camppuran masker lain

Masker jeruk nipis

Kamu bisa menggunakan masker dari jeruk nipis loh, berikut caranya:

Siapkan beberapa buah jeruk nipis

Peras dan ambil airnya saja

Usapkan ke seluruh permukaan kulit wajah

Tunggu 10-15 menit

Bilas wajah menggunakan air bersih

Toner jeruk nipis

Selain digunakan sebgai masker, kamu juga bisa menggunakan jeruk nipis sebagai campuran untuk toner wajahmu, caranya:

Siapkan air 100 ml

Peras 3 buah jeruk nipis

Campurkan air dengan jeruk nipis

Simpan di kulkas agar awet

Gunakan sebagai toner setelah mencuci muka

Toner ini bisa kamu gunakan selama seminggu, jika seminggu masih ada, jangan gunakan lagi karena toner ini tidak mengandung bahan pengawet sehingga mudah rusak.

Cara Mencerahkan Wajah Kusam dan Berminyak

Wajah yang berminyak akan lebih cepat terlihat lebih kusam dibanding dengan wajah yang normal maupun kering. Karena minyak yang diproduksi kulit wajah akan menyebabkan debu lebih cepat menempel pada wajah sehingga terlihat lebih kusam. Cara mencerahkan kulit wajah ini bisa kamu coba di rumah

Cara mencerahkan wajah dengan pisang

Pisang memiliki kandngan vitamin C yang tinggi dan bisa digunakan sebagai cara mencerahkan wajah juga, kamu hanya perlu mengahaluskan pisang, lalu tambahkan satu sendok makan madu dan balurkan ke seluruh wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air.

Kentang

Bahan pengganti nasi ini ternyata memiliki kandungan antibiotik yang bisa meregenerasi kulit lebih cepat, sehingga kulit kusam bisa berubah cerah, caranya:

Hancurkan kentang yang sudah direbus

Campurkan dengan 2 sendok makan susu cair

Balurkan di wajah dan diamkan selama 20 menit

Bilas dengan air

Pepaya

Pepaya memiliki kandungan enzim papain yang bisa meregenerasi kulit. Selain itu kandungan vitamin A,C dan E sebagai antiokdisan juga bisa membantu proses pencerahan kulit. Cukup haluskan pepaya hingga lembut, lalu balurkan ke seluruh permukaan wajah. Diamkan selama 30 menit dan bilas menggunakan air hangat.

Cara Mencerahkan Wajah dengan Cepat

Buat kamu yang tak sabaran dengan serangkaian proses mencerahkan wajah, bisa melakukan cara berikut sebagai cara mencerahkan wajah dengan cepat.

Masker bengkoang

Masker bengkoang instan yang dapat kamu temukan dengan bebas di pasaran juga bisa digunakan sebagai cara mencerahkan wajah dengan cepat. Kamu cukup menggunakannya secara rutin agar wajahmu cerah.

Sheetmask

Sheetmask merupakan masker yang instan dan udah digunakan. Kamu tidak perlu mencampurnya dengan air atau bahan apapun dan tidak perlu membilasnya. Gunakan sheetmask tentunya dengan varian pencerah wajah sebanyak dua kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang cerah.

Krim Malam

Penggunaan krim malam sangat ampuh sebagai pencerah wajah. Karena pada malam hari, seluruh sel pada tubuh sedang melakukan regenerasi sehingga krim malam tersebut bisa menyerap lebih cepat dan bekerja secara langsung.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mencerahkan kulit, tentunya cara-cara ini harus dilakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. (Uli)

INDOLINEAR.TV