Cara Mencegah Nyeri Di Punggung Dan Badan ketika Bekerja Di Rumah

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Sabtu, 3 Oktober 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Bekerja dalam waktu lama di depan komputer bisa menyebabkan berbagai masalah yang dialami tubuhmu. Hal ini terutama terjadi ketika kamu harus bekerja di rumah.

Kondisi meja dan kursi yang tidak sempurna bisa menyebabkan munculnya masalah kesehatan. Hal ini rentan dialami pada punggung, leher, pergelangan tangan, pantat, serta sejumlah bagian tubuh lainnya.

Sesungguhnya, punggung kita terbentuk dari jaringan kompleks tulang belakang, sendi, otot, dan saraf. Duduk dengan postur yang tak tepat bisa memberi tekanan berlebih pada sistem ini hingga menyebabkan masalah.

Jangka waktu yang lama pada saat bekerja ini bisa membuat nyeri yang dialami tubuh bertambah parah. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan postur yang tepat serta mengatasi kebiasaan buruk pada saat bekerja di rumah.

Terdapat sejumlah hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya masalah ini. Dilansir dari Merdeka.com (01/10/2020), berikut sejumlah cara mudah untuk mencegah dan mengatasi rasa sakit akibat bekerja di rumah.

Terapkan Postur Tubuh yang Tepat

Menerapkan postur tubuh yang tepat merupakan kunci untuk meminimalisasi nyeri punggung akibat duduk seharian. Beberapa kursi dan meja tertentu didesain untuk menunjang postur tubuh agar tetap tegap dan sempurna.

Jika tidak memiliki kursi khusus, pastikan untuk menggunakan kursi yang nyaman. Pastikan untuk menyesuaikan tingginya agar kaki bisa tetap menapak datar ke lantai dan kamu duduk dalam posisi tegak. Memasang bantal pada punggung bagian bawah juga bisa membantu mengatasi munculnya rasa tak nyaman.

Pastikan juga untuk bangun serta bergerak. Hal ini mungkin jarang terjadi ketika kamu bekerja di rumah. Pastikan untuk menyempatkan berdiri dan beraktivitas fisik saat bekerja di rumah.

Ubah Posisi Monitor dan Keyboard

Selain menyesuaikan kursi, mengatur posisi monitor dan keyboards bisa membantu agar kamu memperoleh postur yang tepat. Pastikan posisi mata sejajar dengan bagian atas layar monitor.

Ketika kamu merasa mata mulai lelah, kamu bisa menurunkan intensitas cahaya monitor. Kondisi penerangan memadai di dalam rumah juga bisa membantu mencegah kondisi mata lelah setiap hari.

Nyeri Pergelangan yang Berulang

Kerap kali rasa sakit dan nyeri yang dialami di pergelangan atau tangan terjadi secara berulang kali. Memilih keyboard dan mouse dengan ukuran dan bentuk yang tepat bisa sangat membantu mengatasi rasa sakit ini.

Walau begitu, ketika rasa sakit yang dialami ini terus berlanjut, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Mencari cara yang mudah untuk menangani masalah ini bisa sangat berdampak luar biasa bagi kesehatan.

Disarankan untuk berjalan atau beraktivitas fisik setidaknya setiap setengah jam sekali. Hal ini bisa kamu lakukan baik dalam melakukan peregangan atau atau berjalan di sekitar rumah. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: