Cara Membakar Lemak Bagi Orang Yang Memiliki Metabolisme Tubuh Lambat

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Rabu, 16 Desember 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Metabolisme memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh seseorang. Metabolisme ini membantu memproses makanan dan minuman yang kamu konsumsi untuk menghasilkan energi yang kamu butuhkan untuk aktivitas sehari-hari.

Metabolisme ini berdampak pada seberapa banyak kamu makan dan minum serta berat badan milikmu. Hal ini menjadi penyebab mengapa metabolisme tubuh yang lambat bisa menyebabkan sejumlah masalah terutama bagi seseorang yang ingin untuk membakar lemak.

Lambatnya metabolisme dalam membakar makanan ini membuat seseorang kesulitan menurunkan berat badan. Komposisi tubuh serta massa otot merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi tingkat metabolisme.

“Mereka yang memiliki tubuh lebih kecil, lebih pendek dan mungkin mengalami kesulitan menjaga massa otot, cenderung memiliki metabolisme lebih rendah,” terang Elizabeth Lowden, dari Northwestern Medicine Metabolic Health and Surgical Weight Loss Center di Delnor Hospital, dilansir dari Merdeka.com (14/12/2020).

Cukup sulit untuk mempercepat metabolisme seseorang. Namun tentu masih ada sejumlah cara untuk menurunkan berat badan kendati metabolisme tubuhmu lambat. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah cara untuk menurunkan berat badan pada orang yang metabolisme tubuhnya lambat.

Bentuk Otot Tubuh                                                      

Lowden mengungkap bahwa memiliki massa otot yang tidak berlemak bisa meningkatkan tingkat metabolisme basal. Hal ini bisa mendorong tubuh untuk membakar lebih banyak kalori.

“Tingginya tingkat massa otot bisa meningkatkan jumlah kalori yang kamu bakar selama beraktivitas dan berolahraga,” terang Lowden.

Lakukan Lebih Banyak Olahraga Kardio

Untuk membangun otot tubuhmu, olahraga kardio merupakan salah satu pilihan yang tepat. Olahraga ini dapat membuat jantung terpompa lebih cepat untuk menurunkan lemak di perut.

“Paksa tubuhmu hingga terengah-engah sampai titik ketika kamu sulit berbicara namun masih bisa melakukannya. Lakukan olahragamu hingga intensitas seperti itu,” terang Holly Lofton dari Medical Weight Management Program di NYU Langone Health.

“Tubuh bakal kehilangan lemak secara efisien dengan melakukan aktivitas fisik secara intens,” sambungnya.

Konsumsi Lemak Sehat dan Protein

Cara lain untuk meningkatkan metabolisme tubuh yang lambat adalah dengan mengonsumsi takaran yang tepat dari lemak dan protein. Tubuh membutuhkan waktu lebih lama mencerna makanan jenis ini sehingga membutuhkan lebih banyak energi dibanding minuman lainnya.

Dori Arad, direktur dari Mount Sinai PhysioLab, mengungkap bahwa protein juga membantu membangun otot. Sumber nutrisi yang baik melingkupi ikan, daging ayam dan kalkun, serta kacang-kacangan. Sumber lemak sehat juga bisa diperoleh dari almond, kenari, salmon, trout, alpukat, dan minyak zaitun.

Menurunkan Asupan Kalori

Untuk meningkatkan metabolisme, ada cara lain yang harus kamu lakukan selain mengonsumsi protein dan lemak sehat pada makananmu. Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengurangi konsumsi makanan tinggi kalori.

Holly Lofton menyebut bahwa mengurangi konsumsi kalori bisa meningkatkan metabolisme dan menyusutkan lemak perut. Kamu bisa melakukannya dengan mulai mengurangi 250 kalori per hari.

Sejumlah cara tersebut bisa kamu lakukan ketika kamu termasuk orang yang memiliki metabolisme tubuh lambat. Lakukan hal tersebut agar berat badanmu menyusut lebih cepat. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: