Cara Melacak Smartphone Android Yang Hilang Lewat Google Maps

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Sabtu, 25 Mei 2019

Indolinear.com, Jakarta – Smartphone hilang merupakan bencana. Saat ini, semua pekerjaan dan kegiatan kita curahkan di smartphone, sehingga sedikit saja ponsel kita jauh dari jangkauan bisa dibilang merupakan salah satu mimpi buruk.

Jika Anda adalah salah satu yang merasakan kejadian ini, jangan panik dulu. Anda ternyata bisa melacaknya hanya dengan bantuan aplikasi Google Maps.

Belakangan diketahui kalau Google dapat melacak keberadaan smartphone pengguna yang hilang melalui aplikasi Google Maps.

Uniknya, fitur ini dapat menyediakan layanan untuk melacak lokasi sesuai waktu.

Sebelum masuk ke cara untuk melacak smartphone yang hilang via Google Maps, pastikan kondisi internet terhubung ke smartphone atau desktop. Selain itu, pastikan juga Anda sudah login dan memasukkan kata sandi ke dalam Google Maps.

Mengutip dari Merdeka.com (23/05/2019), berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melacak smartphone yang hilang via Google Maps.

  1. Anda bisa beranjak situs www.maps.google.commelalui desktop, atau bisa juga membuka aplikasi Google Maps secara langsung
  2. Lalu, login dengan akun Google yang tersedia di smartphone Anda
  3. Kemudian, klik ikon bar berbentuk horizontal yang terletak di sudut kanan atas
  4. Selanjutnya pilih opsi “your timeline”
  5. Pada direktori your timeline, Anda bisa memasukkan hari, bulan, dan tahun sesuai dengan lokasi yang ingin Anda lihat
  6. Terakhir, Maps akan otomatis menampilkan riwayat lokasi smartphone Anda, beserta lokasi terkini

Sekedar informasi, fitur ini dapat berfungsi dengan baik jika perangkat Anda dalam kondisi menyala dan menyalakan fitur location. (Uli)