Cara Manfaatkan Twitter Untuk Kondisi Bencana, Efektif Menyebarkan Informasi!

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Selasa, 13 Oktober 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Twitter adalah sebuah jejaring sosial berbasis mikroblog yang kerapkali dengan mudah mengumpulkan para pengguna dengan cepat dan efektif.

Hal ini membuat platform ini cukup efektif sebagai sarana pemberian informasi soal bencana atau musibah yang terjadi secara real time. Tak bisa dimungkiri, karena banyak pengguna yang mengakses media sosial, banyak yang mengetahui berbagai isu lebih dulu dari Twitter ketimbang platform berita konvensional.

Meski demikian, jika musibah benar terjadi secara langsung kepada Anda, sebagai pengguna yang bijak ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut adalah tips dan cara menggunakan Twitter dalam keadaan darurat, berdasar keterangan resmi Twitter Indonesia, dilansir dari Merdeka.com (12/10/2020)

Cara Manfaatkan Twitter Untuk Kondisi Bencana

Cari Sumber Terpercaya, Lalu Posting Gunakan Tagar

Ketika Anda tertimpa bencana unggah informasi tersebut dengan melakukan tag kepada badan penanggulangan bencana setempat yang sesuai. Misalnya jika ada kebakaran, Anda bisa mention akun damkar kota Anda tinggal. Akan lebih baik jika akun tersebut telah diverifikasi dengan jelas.

Selain itu, sertakan tagar karena sebuah isu kerap lebih mudah ditemukan lewat tagar. Twitter Indonesia mencatat bahwa beberapa media, lembaga pemerintah, serta organisasi relawan melakukan pemanfaatan tagar yang maksimal di platform ini.

Melakukan Update Isu di Twitter Moments

Twitter Moments adalah sebuah fitur di platform ini untuk menampung perkembangan isu tertentu yang populer dan selalu diperbarui. Oleh karena itu, fitur ini cocok untuk dipakai sebagai wadah informasi soal bencana.

Cuitan yang ada di dalam fitur ini akan terkurasi dan dinotifkan kepada pengguna lainnya, sehingga informasi penting bisa tersebar dengan baik dan efektif.

Untuk lebih memudahkan, Anda bisa lebih mudah menggunakan Twitter Moments di platform web, dengan ulasan dan isi yang diharapkan lebih mendalam.

Hal ini membuat Twitter Moments kurang cocok digunakan untuk musibah yang tingkat kerusakannya tinggi secara real time, seperti kebakaran, atau angin topan. Anda lebih cocok untuk menginformasikan soal musibah yang telah terjadi, seperti pembobolan mBanking, atau pencurian sepeda. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: