Cara Clear Cache Untuk iPhone Agar Performanya Makin Mulus

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Rabu, 10 Juli 2019

Indolinear.com, Jakarta – Pernahkah Anda mengalami kecepatan loading yang lambat di iPhone Anda? Seringkali hal ini terjadi karena hal-hal sepele, seperti banyaknya file yang tak berguna dan juga data aplikasi yang sebenarnya tak dipakai.

Nah, hal ini bisa kita buang dengan mudah hanya dengan melakukan clear cache. File cache ini termasuk juga data dan gambar yang tersimpan di memori Anda. Beberapa hal seperti password, script dari website yang Anda kunjungi, juga termasuk. Jadi bayangkan banyaknya cache Anda. Wajar bukan kalau iPhone Anda lemot?

Dengan ini menghapus data cache Anda merupakan hal yang sehat untuk dilakukan agar iPhone Anda selalu berjalan dalam kondisi maksimal. Melansir dari Merdeka.com (08/07/2019), berikut caranya.

Cara clear cache aplikasi secara manual

Menurut Business Insider, ada dua cara untuk melakukan clear cache di iPhone. Pertama, dengan menghapus secara manual. dan yang kedua dengan cara melakukan uninstall dan menginstallnya kembali. Berikut caranya.

  1. Pilih menu Setting, klik General, lalu klik iPhone Storage
  2. Di menu iPhone Storage, Anda akan menemukan deretan aplikasi Anda. Aplikasi dengan data tertinggi akan berada di posisi teratas. Dengan mengklik salah satu aplikasi tersebut, Anda bisa melihat sebanyak apa memori ‘dimakan’.
  3. Jika ingin melakukan clear cache manual, langsung buka aplikasi dengan ukuran data besar, dan membersihkan deretan file tak berguna. Hal ini seperti playlist, album foto, email, chat, gambar, dan lainnya.
  4. Jika clear cache manual dirasa terlalu rumit dan menghabiskan waktu, Anda bisa melakukan uninstall lalu menginstallnya lagi. Tinggal klik menu di iPhone Storage, lalu Delete App di bagian bawah laman.
  5. Download kembali dengan masuk ke Apple Store lalu secara manual mencarinya, atau masuk ke daftar “My Purchases” Anda. (Uli)