Camat Sukamulya: Hari Kedua, Animo Lansia Ikut Vaksinasi Booster Sangat Besar

FOTO: tangerangkab.go.id
Selasa, 18 Januari 2022

Indolinear.com, Kabupaten Tangerang – Guna mencegah laju penyebaran virus COVID-19 di Kabupaten Tangerang. Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Kecamatan Sukamulya menggelar vaksinasi ketiga atau booster bagi kelompok lanjut usia (lansia) di wilayah Kecamatan Sukamulya.

Pelaksanaan vaksinasi ini digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat, bertempat di Puskesmas Sukamulya, Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang, Selasa (18/01/2022).

Camat Sukamulya, Yati Nurulhat mengatakan, di hari kedua ini animo para lansia untuk mengikuti vaksinasi ketiga ini sangat besar. Hal ini terlihat dari banyaknya lansia yang datang sendiri atau diantar keluarga masing-masing.

“Hari ini menurut data dari Puskesmas sudah ada 59 lansia yang kami berikan vaksin, mereka juga terlihat sangat antusias dengan datang ke Puskesmas dari pagi hari,” ucapnya.

Selain itu, untuk mengapresiasi kesadaran warga akan pentingnya vaksinasi, pihak Kecamatan Sukamulya juga memberikan sembako kepada warganya usai melakukan vaksinasi di tempat tersebut.

“Untuk terget sasaran booster ini memang baru untuk lansia yang usianya lebih dari 60 tahun. Di minggu ini ada sekitar 120 lansia yang sudah mendapat e-tiket untuk vaksinasi,” lanjut Camat wanita tersebut.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Sukamulya, drg Eko Hartati MARS mengatakan, dirinya akan terus berupaya mempercepat penyaluran vaksinasi ini. Menurut dia, vaksin booster atau dosis ketiga sangat penting untuk meningkatkan imunitas khususnya para lansia dalam menghadapi pandemi COVID-19 seperti saat ini.

“Sebelum warga lansia divaksin booster, kita terlebih dahulu cek screening penyakit tidak menular (PTM), dengan melakukan pemeriksaan gula darah, kolesterol, tensi darah, tinggi badan dan berat badan,”

“Kami juga berpesan kepada warga lansia yang sudah mendapat tiket atau pesan singkat bisa segera langsung mendatangi Puskesmas untuk mendapatkan booster,” ujar Eko dilansir dari tangerangkab.go.id.

Salah seorang warga dari Desa Sukamulya, Taryono (65) mengaku senang bisa menerima vaksin dosis ketiga. Terlebih saat ini varian Omicron semakin meningkat di Indonesia. Ia berharap dengan vaksin dosis ketiga ini dapat benar-benar memutus matai rantai penyebaran virus tersebut.

“Ini sebagai bentuk ikhtiar kita untuk penguatan imun. Saya ke sini dikasih tau anak saya kalau sudah bisa ikut vaksin booster,” ujarnya.(pit)