Cahaya Biru Muncul Di Langit Meksiko Usai Gempa Hebat

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Jumat, 29 Oktober 2021
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Ada fenomena langka setelah terjadi gempa hebat di Meksiko pada Kamis 8 September 2021. Terlihat ada cahaya biru di langit usai gempa bermagnitudo 7 terssebut.

Dikutip dari Dream.co.id (27/10/2021), fenomena alam itu dibagikan oleh warga Acapulco, Meksiko. Unggahan ini diberi tagar #Apocalipsis—kiamat dalam bahasa Spanyol.

Warga setempat khawatir dengan “ ledakan” cahaya biru di langit. Cahaya ini melesat di langit seiring dengan gempa bumi yang menggoyang Meksiko.

Sekadar informasi, gempa berkekuatan 7 magnitudo ini menewaskan satu orang, merusak bangunan-bangunan, dan menyebabkan tanah longsor yang menutupi jalan raya.

Laporan menyebut gempa ini tidak menimbulkan kerusakan yang besar. Tapi, gempa ini bisa dirasakan dengan radius 200 mil di Mexico City selama satu menit.

Fenomena Alam Apa Itu?

Sejumlah pakar menyebut fenomena alam itu tidak perlu ditakuti. Fisikawan dari Rutgers University, Troy Shinbrot, mengatakan, fenomena ini aman.

“ Kalau berbahaya, kiamat sudah terjadi seribu tahun yang lalu ketika semburat biru itu ditemukan,” kata Shinbrot.

Ternyata Bukan di Indonesia, Fakta Terbaru Ular Terbesar di Dunia yang Diangkut Alat BeratIlmuwan lainnya percaya erupsi di langit atau luminositas ini disebabkan oleh gesekan bebatuan di dekat kerak bumi. Kemudian, gesekan ini melepaskan energi ke atmosfer. Kilatan cahaya biru itu diproduksi di dekat permukaan bumi.

Sementara itu, US Geological Survey menyebut cahaya biru itu yang muncul di dekat pusat gempa ini sebenarnya merupakan cahaya gempa atau earthquake light.

Seismolog National Autonomous University, Meksiko, Victor Manuel Cruz Atienza, mengklaim langit semalam dipenuhi aktivitas listrik dari badai hujan. “ Kami tidak bisa mengaitkan fenomena cahaya itu dengan gempa,” kata dia. (Uli)