Burung Langka Nihon Raichou Akan Diperlihatkan kepada Masyarakat Jepang

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Selasa, 5 Maret 2019

Indolinear.com, Tokyo – Burung langka Nihon Raichou atau Lagopus muta atau burung Arktik, terutama yang baru lahir dari pemuliaan buatan, akan dipamerkan kepada masyarakat mulai tanggal 15 Maret 2019 di lima lokasi taman atau kebun binatang di Jepang.

“Burung Arktik Jepang ini merupakan harta alami khusus nasional, sangat langka dan pemuliaan buatan sedang diproses untuk nantinya dipamerkan atau diperlihatkan kepada publik di lima tempat secara nasional mulai pertengahan bulan ini,” dilansir dari Tribunnews.com (04/03/2019).

Risiko kepunahan di alam liar dalam waktu dekat ini sangat tinggi, dan Kementerian Lingkungan Hidup Jepang telah mengumpulkan telur 4 tahun lalu dari perbukitan Gunung Norikura yang melintasi Perfektur Nagano dan Perfektur Gifu untuk tujuan pembiakan buatan dan ternyata berhasil dalam pengerjaannya.

Saat ini, 29 burung dibesarkan di lima lokasi di Jepang termasuk Taman Zoologi Ueno di Tokyo dan Taman Keluarga Kota Toyama di Perfektur Toyama.

Kementerian Lingkungan Hidup Jepang dan lainnya sejauh ini memprioritaskan pembentukan teknologi reproduksi dan belum terbuka untuk umum.

Tetapi teknik pemuliaan telah diperbaiki dan lebih banyak organisme pemuliaan yang akhir-akhir ini mulai dimunculkan untuk meningkatkan minat banyak orang.

Itu sebabnya dibuka kepada publik mulai 15 Maret mendatang.

Bagi yang berada di Tokyo dapat melihat di Kebun Binatang Ueno dan Taman Keluarga Toyama, di Kota Omachi, Perfektur Nagano, Museum Shiritsu Omachi Sanpaku, Kebun Binatang Ishikawa, di Kota Noumi, semua bisa dilihat mulai 15 Maret.

Sedangkan mulai tanggal 16 Maret bisa dilihat di Nasu Animal Kingdom di Kota Nasu di Perfektur Tochigi.

Di sini dua burung dijadwalkan untuk dipamerkan.

“Kami ingin semakin banyak orang melihat Burung Arktik Jepang, supaya semakin tertarik melestarikan lingkungan alami sabuk alpine (daerah pegunungan tinggi) di Jepang,” kata dia. (Uli)