Buruh Kabupaten Tangerang Ajukan UMK 11.90 Persen

FOTO: indolinear.com
Selasa, 12 November 2019

Indolinear.com, Kabupaten Tangerang – Puluhan buruh yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Tangerang Raya (ALTAR) melakukan pertemuan bersama dengan Bupati Tangerang yang bertempat di ruang Coffe Morning gedung Setda Pemkab Tangerang, Selasa (12/11/2019).

Presidium ALTTAR Galih Wawan mengatakan, hari ini ALTTAR menyerahkan hasil survey pasar terkait kenaikan upah untuk tahun 2020 kepada Bupati Tangerang. Dia berharap ini dapat dijadikan rujukan dan pembahasan oleh Pemkab Tangerang. Terkait hal ini Bupati Tangerang telah menerima pengajuan UMK sebesar 11,90 persen dan pihak APINDO masih sesuai dengan UU No 78.

“Kami telah menyerahkan hasil survey pasar ke Pemkab Tangerang yang selanjutnya dapat dijadikan pembahasan oleh Pemkab Tangerang,” ujar Galih Wawan.

Wawan juga menjelaskan, pengajuan ALTTAR untuk UMK tahun 2020 sebesar Rp. 4.293.498,- dengan dapat direalisasikan untuk perbaikan kehidupan buruh di Kabupaten Tangerang, dan selanjutnya diharapkan menjadi pertimbangan untuk pengambilan keputusan untuk penetapan UMK tahun 2020.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, mengatakan bahwa aspirasi serikat buruh telah diterima dan selanjutnya akan dirapatkan dan dilakukan pembahasan kembali. Lanjut Zaki, Pemkab Tangerang akan membuka jalur komunikasi secara transparan kepada serikat buruh dan perwakilan dari APINDO dan mahasiswa. Berdasarkan hasil survey BPS angka kemiskinan mulai naik dan pihak BPS melaporkan hampir mencapai 900 ribu orang, dan Pemkab Tangerang masih mempertanyakan apakah ini terkait KHL (Kebutuhan Hidup Layak) yang saat ini semakin meningkat.

“Pemkab terus membuka peluang untuk investasi baru dengan lahan yang mulai terbatas di Kabupaten Tangerang dan Pemkab Tangerang harus mempertimbangkan apakah saat ini lahan yang masih ada cocok untuk dijadikan pertanian, pergudangan atau industri,” katanya.

Zaki pun berharap bahwa para pengusaha agar tetap bertahan di Kabupaten Tangerang, karena angka kelulusan SLTA setiap tahunnya pasti berubah, dan secara otomatis pulanbakan membutuhkan lowongan pekerjaan yang cukup banyak.(jde)

INDOLINEAR.TV