BURT DPR Ke Turki, Membahas Fasilitas Hingga Anggaran Parlemen Di Sana

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Jumat, 20 Mei 2022

Indolinear.com, Jakarta – Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Turki pada 18-24 Mei 2022 Ketua BURT Agung Budi Santoso menjelaskan, kunker tersebut mengagendakan pertemuan dengan parlemen Turki dan membahas sejumlah hal.

“BURT ke Turki, agendanya bertemu dengan parlemen dan bagian pemerintah Turki, serta dengan KBRI di Turki,” kata Agung, dilansir dari Kompas.com (19/05/2022).

Agung mengungkapkan, BURT ingin mendengarkan secara langsung dari Turki terkait bagaimana posisi anggota parlemen di negara itu.

Khususnya, lanjut dia, terkait protokoler anggota parlemen, fasilitas yang diterima hingga jumlah anggaran yang digunakan parlemen Turki. Agung menuturkan, kunker ke Turki itu sudah pernah diajukan sejak 2 tahun yang lalu atau 2020.

“Tapi karena ada pandemi maka baru bisa disetujui tahun 2022, yang dibahas pada 2021,” ucapnya.

Ia melanjutkan, BURT untuk kunker ke Turki juga sudah memiliki anggaran, sama seperti Alat Kelengkapan Dewan (AKD) lainnya ketika kunjungan kerja ke luar negeri.

“Setiap AKD maupun Komisi yang ada di DPR, ada anggaran untuk kunker ke luar negeri. Tentu terkait dengan tugas dan kerja AKD di DPR,” jelasnya. (Uli)