Bupati Zaki Tinjau Lapas Open Camp di Ciangir

FOTO: indolinear.com
Jumat, 12 Juli 2019

Indolinear.com, Kabupaten Tangerang – Bupati Tangerang Zaki Iskandar meninjau Lapas Ciangir sekaligus menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pejabat administrasi dilingkungan Kanwil Kemenkum HAM Banten, Jumat (12/7/2019). Lapas Ciangir merupakan Lapas pertama di Indonesia dengan konsep Open Camp.

Zaki mengatakan, Pemkab Tangerang mendukung penuh pembangunan Laps Ciangir yang akan memiliki sistem minimum security. Menurutnya, konsep keamanan maksimal yang akan diterapkan di Lapas Ciangir ini memang sangat dibutuhkan. Nantinya, di Lapas ini juga akan dibangun Balai Latihan Kerja (BLK) yang juga bisa dipergunakan oleh masyarakat sekitar maupun warga binaan. BLK ini nantinya akan difokuskan untuk bidang pertanian, peternakan, perikanan dan industri.

“Kami pemerintah daerah mendukung program yang ada di Lapas ini. Mudah-mudahan BLK yang akan dibuat, bisa juga menjadi salah satu pusat holtikultura di Selatan Kabupaten Tangerang dalam rangka membangun kesejahteraan masyarakat binaan dan masyarakat sekitar,” tutur Zaki.

Direktur Teknologi dan Kerjasama Ditjenpas Kemenkum HAM Dodot Adi Koeswanto mengungkapakan, Lapas Ciangir ini nantinya akan berkonsep permukiman open camp. Konsep open camp yang akan diterapkan di lapas ini, merupakan konsep pertama yang diterapkan Kemenhukham untuk Lapas di Inoensia. Dalam Lapas ini nantinya hanya akan ada beberapa bangunan Lapas, berdampingan dengan rumah penduduk, persawahan, dan lahan kebuh siap garap.

“Warga binaan penghuni pertama kompleks pemasyarakatan ini yang akan mengubah lahan kosong menjadi perkebunan, mengubah lahan lainnya menjadi lokasi budi daya perikanan, peternakan atau pertanian. Setelah mereka memperlihatkan perilaku baik, kami akan membinanya menjadi individu mandiri, dan siap berintegrasi dengan masyarakat setelah bebas,” kata Dodot.(pde)

INDOLINEAR.TV