Bupati Zaki Dorong Generasi Muda Jadi Petani Holtikultura

FOTO: indolinear.com
Rabu, 23 Januari 2019

Indolinear.com, Kabupaten Tangerang – Setelah beberapa kali berkunjung, Bupati Tangerang  Ahmed Zaki Iskandar akhirnya bisa merasakan buah  melon yang ditanam, Bagas,  petani sukses di Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Rabu (23/01/2019).

Zaki seakan tak kuasa menahan keinginannya memetik buah kuning nan ranum langsung dari pohonnya .Tak berapa lama, Zaki yang datang beserta rombongan, langsung menikmatinya.

Usai melakukan panen  melon, Zaki mengatakan wilayah utara Kabupaten Tangerang merupakan wilayah pesisir yang berpotensi dibidang pertanian holtikultura.

Melihat potensi ini, mulai tahun 2019 Pemkab Tangerang akan membangun  wilayah utara Tangerang  sebagai salah  satu sentra pertanian, khususnya holtikultura. Rencana ini, tambah Zaki, ketahanan pangan merupakan salah satu  fokus RPJMD Kabupaten Tangerang tahun 2019-2023.

Zaki mengakui, lahan di Kabupaten Tangerang makin hari semakin terbatas. Namun yang terpenting  dari kunjungan ini adalah bagaimana ke depan Pemkab dan masyarakat  mempersiapkan dan  memanfaatkan lahan yang terbatas dengan produktivitas yang tinggi dan efisien.

“Ketahanan pangan di Kabupaten Tangerang bukan hanya sawah dan padi lagi tapi juga sayur-mayur serta buah-buahan produk holtikultura, tentunya dengan varitas unggul,” kata Zaki.

Adanya holtikultura di Teluknaga ini dapat membantu kebutuhan warga Kabupaten Tangerang, lanjut Zaki, yang setiap tahunnya terus meningkat populasinya, terutama di wilayah utara. Lewat pemanfaatan lahan ini, diharapkan dapat membantu mengurangi angka pengangguran.

Zaki juga mendorong generasi muda untuk terjun langsung bercocok tanam  agar lahan yang ada bisa lebih dimanfaatkan lebih produktif.

“Mudah mudahan penen kita di hari ini dapat menjadi inspirasi buat anak muda lainnya agar semangat berkebun dan bercocok tanam di wilayahnya masing masing. Ayoo berkebun!” tandas Zaki.

Di tempat yang sama, Bagas mengatakan, kedatangan Bupati Tangerang kali ini untuk  yang kedua kalinya. Ini menunjukan jika Pemkab Tangerang serius dalam mewujudkan wilayah Utara Tangerang sebagai sentra pertanian dan tanaman holtikultura.

Baca Juga :  Kata Polresta Tangerang Soal Kemacetan Di Cikupa

Seperti diberitakan,  beberapa waktu lalu, Zaki beserta sejumlah organisasi kepemudaan datang  ke kebun Bagas untuk melaksanakan panen sayuran. Ada 30 jenis sayur-sayuran dan buah-buahan sebanyak 20 ton yang diekspor ke Hongkong dari kebun Bagas setiap bulannya.

“Semoga pemuda-pemuda di Kabupaten Tangerang tergerak dan dapat bersama sama menjadi pengusaha sayur mayur,  khususnya pemuda di Teluknaga, ” ucap bagas.

Budi Haryono perwakilan PT East west Seed Indonesia wilayah Jabar dan Banten yang turut dalam rombongan Pemkab Tangerang mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi  upaya Pemkab Tangerang  yang telah mendukung adanya sentra produksi  holtikultura.

Dia juga bangga dengan usaha Bagas yang telah bekerja dengan pemuda dan santri, menggalakan bidang  pertanian dan holtikultura di  Kabupaten Tangerang.

“Mudah mudahan ini menjadi contoh baik bagi anak muda di wilayah untuk bersemangat dalam bercocok tanam,”  ucap Budi.(pit)

%d blogger menyukai ini: