Bupati Jember Memaparkan ‘9 Wes Wahaye’ Di Hadapan Parlemen

FOTO: beritajatim.com/indolinear.com
Jumat, 3 September 2021
loading...

Indolinear.com, Jember – Bupati Hendy Siswanto memaparkan sembilan program ‘Wes Wayahe’ (Sudah Saatnya) di hadapan sidang paripurna DPRD Jember, Jawa Timur, Rabu (1/9/2021). Sembilan program ini menjadi andalannya selama masa kampanye pemilihan kepala daerah.

“Pertama, Wes Wayahe Jember Satu Data. Program unggulan ini mencakup Jember satu data, Digitalisasi pelayanan publik, sistem pemerintah berbasis elektronik (E-Government) dan Jember Media Center,” kata Hendy, dilansir dari Beritajatim.com (02/09/2021).

Program kedua adalah Wes Wayahe SDM Jember unggul. “Program unggulan ini mencakup, pendidikan meliputi perbaikan kesejahteraan guru tidak tetap dan pegawai tidak tetap, beasiswa, sekolah inklusi, guru pendamping khusus,” kata Hendy.

Sementara untuk sektor kesehatan, Hendy mencanangkan program Gemar Jelita atau Gerakan Masyarakat Jember Peduli Ibu dan Balita, Wes Wayahe Jember Bangga (Membangun Keluarga), Jember Safety Center, revitalisasi RSUD, dan kesejahteraan yang meliputi penanganan kemiskinan dan pengangguran.

Berikutnya, Wes Wayahe Infrastruktur Jember Mantap. “Program unggulan ini mencakup Jember Outer Ring Road (JORR), transportasi interkonektivitas wilayah, pembangunan dermaga dan peningkatan kelas bandara, optimalisasi JSG (Jember Sport Garden), lingkungan hidup lestari, dan pengelolaan persampahan,” kata Hendy.

Keempat, Wes Wayahe Jember Industrial Farming. “Program unggulan ini mencakup program Satu Keluarga Satu Kolam (2SK), mandiri pupuk, cold storage dan pabrik pengalengan ikan, modernisasi alat tangkap, dan integrasi produk pertanian dan usaha mikro kecil menengah,” kata Hendy.

Pesantren juga menjadi bagian dari program Wes Wayahe Pesantren Berdaya. Menurut Hendy, program unggulan ini mencakup wirausahawan pesantren, koperasi pesantren, festival inovasi dan kepeloporan santri.

Sementara untuk desa, Hendy menyebutkan program Wes Wayahe Gerda Jaya (Gerakan Desa Jember Berdaya). “Program unggulan ini mencakup aplikasi informatika: smart village, sinergi pemerintah desa dengan arah kebijakan pemkab, dan badan usaha milik desa (bumdes) untuk desa maju dan mandiri,” katanya.

Program perekonomian termaktub dalam Wes Wayahe Jember Tumbuh. “Program unggulan ini mencakup revitalisasi koperasi dan UMKM, revitalisasi perusahaan daerah, dan 25 sertifikasi pasar,” kata Hendy.

Ada lagu program Wes Wayahe Jember Permata Jawa. Hendy menjelaskan, program unggulan ini mencakup Jember Creative Center, Pembukaan dan pengembangan desa wisata sebagai destinasi pariwisata dan even kebudayaan, pembangunan gedung seni budaya, promosi dan pemasaran budaya, seni dan pariwisata.

“Terakhir, Wes Wayahe Pelayanan Jember Handal. Program unggulan ini mencakup penataan birokrasi, pengembangan pusat pemerintahan dan perkantoran, respon cepat pengaduan pelayanan publik, dan pelayanan investasi yang terintegrasi,” kata Hendy. (Uli)