BUMDES Kabupaten Sleman Ini Gandeng ISP Membangun Infrastruktur Internet Desa

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Selasa, 15 September 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – BUMDES Tirtamas desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman melakukan inisiatif membangun infrastruktur jaringan internet desa. Bekerja sama dengan perusahaan internet service provider (ISP) PT Ambhara Duta Shanti (SmartConnect), aplikasi pendidikan Sipena, dan C4ll.id.

Menurut Direktur PT Ambhara Duta Shanti, Agus Budi Raharjo, kerja sama ini merupakan langkah konkret dalam membangun desa digital bersama-sama dengan stakeholder terkait.

“Ini kemitraan strategis dan sinergi yang berkesinambungan antar pemangku kepentingan dalam hal ini pemerintah, organisasi pemerintahan daerah yang terkait, dengan melibatkan peran pihak swasta private public partnership,” ujar Agus dalam keterangan resminya, dilansir dari Merdeka.com (14/09/2020).

Dilanjutkan Agus, ketika infrastruktur internet berkembang di desa, maka akan menciptakan kreativitas masyarakatnya terutama dari sisi ekonomi dan politik. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di desa ini pada dasarnya bisa dilihat sebagai media bagi para stakeholder tata pemerintahan untuk mampu memaksimalkan peran dan potensinya dalam berpartisipasi dalam tata pemerintahan.

“Kedua, yaitu kebutuhan untuk mewujudkan demokratisasi di desa. Proses demokratisasi menjadi penopang utama desa cerdas karena akan menciptakan peran aktif masyarakat dan untuk meminimalisasi adanya kecenderungan kekuasaan yang terpusat. Pengembangan TIK akan mendorong partisipasi aktif masyarakat, transparansi dan akuntabilitas, sehingga hal itu menjadi prasyarat utama demokratisasi. Mekanisme pengambilan keputusan tidak lagi bersifat top-down, namun bottom-up serta participatory development. Melalui demokratisasi maka kreativitas dan inovasi dari warga masyarakat akan berkembang,” jelas Agus. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: