Buku Yang Samakan Manusia Dengan Kera Bikin Geger Dunia

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Rabu, 11 November 2020
loading...

Indolinear.com, London – Ahli zoologi Dr Desmond Morris telah mengejutkan dunia dengan menulis tentang manusia dengan cara yang sama para ilmuwan menggambarkan hewan, khususnya kera.

Buku barunya, The Naked Ape, diterbitkan pada 12 Oktober 1967. Dinamakan demikian karena: dari 193 spesies monyet dan kera di planet ini, hanya manusia yang tidak seluruhnya tertutup rambut.

Mantan kurator mamalia di Kebun Binatang London yang terkenal karena berencana mempertemukan Chi Chi si panda dengan beruang panda An An dari Moskow mengatakan dia ingin mempopulerkan dan mengungkap sains.

Buku provokatif itu memberikan cahaya baru pada perilaku dan masyarakat kita sendiri, menggambarkan cara kita “memberi makan, tidur, berkelahi, kawin, dan membesarkan anak,” Morris menjelaskan, seperti dikutip dari Liputan6.com (09/11/2020).

Dia menyoroti beberapa fakta mengejutkan yang cukup mengangkat banyak alis di dunia ilmiah dan non-ilmiah. Sebagai contoh:

o Homo sapiens tidak hanya memiliki otak terbesar dari semua primata tetapi juga penis terbesar, dan merupakan “primata terseksi yang masih hidup”

o Cuping telinga kita yang berdaging, unik untuk manusia, adalah zona sensitif seksual yang telah diketahui memicu orgasme baik pada pria maupun wanita,

o Bentuk payudara manusia yang lebih bulat berarti mereka lebih merupakan alat sinyal seksual daripada hanya mesin susu.

Buku tersebut telah menjadi serial di surat kabar Daily Mirror –dan mendapat sukses besar.

Pada masa itu, buku tersebut menjaring keuntungan £ 80.000 di AS dan £ 70.000 di Inggris dan Eropa.

Tetapi para kritikus buku tersebut telah menjulukinya sebagai “seorang amatir yang kurang informasi” yang telah terlalu menyederhanakan dan mengubah cara kita berperilaku dengan menciptakan potret zoologis manusia.

Siapa Desmond Morris?

Desmond Morris memulai karirnya sebagai kepala unit TV dan film Granada di Kebun Binatang London pada tahun 1956 dan kemudian menjadi kurator mamalia.

Segera setelah The Naked Ape mulai dijual di Inggris, Desmond Morris beremigrasi ke Malta untuk menghindari tagihan pajak yang besar.

The Naked Ape, buku terlaris pertamanya, telah diterjemahkan ke dalam 23 bahasa dan diikuti oleh banyak buku dan program TV tentang hewan dan perilaku sosial.

Dia juga memiliki slot reguler yang mengomentari bahasa tubuh kontestan di acara permainan Big Brother Channel Four pada masa itu. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: