Buku Dongeng Sebelum Tidur Dari Cina Paling Mudah Diluki

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Selasa, 10 November 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Suatu hari, Raja memanggil seorang pelukis untuk melukis dirinya. Pelukis itu melukis dengan sangat sempurna hingga Raja terkagum-kagum.

“Lukisanmu sungguh bagus. Aku pikir kau tak pernah kesulitan dalam melukis,” ucap Raja.

“Tentu saja tidak seperti itu, Raja. Hamba masih sering kali kesulitan untuk melukis,” jawab si Pelukis.

Raja semakin penasaran dengan jawaban Pelukis. Bagaimana mungkin ia kesulitan melukis? Tangannya begitu terampil, dan hasil lukisannya juga sangat mengagumkan.

“Kau begitu mahir melukis. Menurutmu spa yang paling sulit kau lukis?” tanya Raja, penasaran.

Pelukis itu berpikir.”Baginda, menurut saya yang paling sulit dilukis adalah binatang,” jawab si Pelukis, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (09/11/2020).

Raja hanya mengangguk-angguk. Tetapi, ia belum mengerti kenapa binatang menjadi hal yang sulit untuk dilukis. Kemudian Raja memberikan pertanyaan lagi.

“Lalu apa yang paling mudah dilukis.” Pelukis itu berpikir kembali. ia tersenyum setelah tahu jawabannya.

“Hal yang paling mudah dilukis adalah hantu,” jawab si Pelukis, mantap.

“Kenapa hantu? Bukankah hantu tak bisa dilihat? Harusnya lebih mudah melukis binatang karena mereka nyata dan bisa.” ujar Raja

Pelukis itu lalu menjelaskan bahwa melukis binatang tentu saja sangat sulit. Jika ada kesalahan sedikit mengenai lukisannya, ada banyak orang yang tahu. Tetapi kalau melukis hantu, ia bisa melukis semaunya.Tentu saja karena orang tak tahu hantu itu seperti apa.

Raja lalu mengangguk-angguk tanda setuju. Rupanya selain terampil, pelukis itu juga sangat pandai. Raja jugs sangat senang dilukis olehnya. Raja lalu memberikan hadiah kepada pelukis itu. Kemudian pelukis itu pun pulang dengan hati senang

Pesan moral dari Buku Dongeng Sebelum Tidur : Paling Mudah Dilukis (Cina) adalah semua orang bisa dengan mudah menceritakan hal yang tak nyata. Tetapi, hal yang nyata dan benar-benar anda tentu harus diceritakan sesuai adanya. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: