Buku Dongeng Anak Filipina Berjudul  Kisah Petani Kelapa

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Senin, 19 Juli 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Pada suatu hari, seorang petani memanen kelapa di ladang. la memasukkan kelapa dalam gerobak kerbau sampai penuh. Begitu banyak kelapa yang ia masukkan sehingga gerobak kerbau miring ke belakang.

Dalam perjalanan pulang, petani kelapa bertemu seorang anak laki-laki. la bertanya pada anak laki-laki itu. “Menurutmu, berapa lama aku bisa membawa kereta penuh kelapa ini sampai ke rumahku?” tanya petani kelapa.

Anak laki-laki itu berpikir sambil memerhatikan gerobak kerbau penuh kelapa. “Jika kau memacu kerbaumu perlahan, kau akan sampai dengan cepat. Tapi, jika kau memacu kerbaumu cepat, kau baru akan sampai malam hari,” kata si anak laki-laki.

Petani kelapa tertawa. “Bagaimana bisa aku sampai lebih lama jika aku memacu kerbau dengan cepat. Bukannya sebaliknya?” kata petani kelapa, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (18/07/2021).

Si anak laki-laki hanya mengangkat bahunya. “Ya, terserah padamu. Kau mau percaya atau tidak,” katanya sambil pergi.

Petani kelapa tidak percaya ucapan si anak laki-laki. la pun memacu kerbaunya dengan cepat. Tapi, beberapa kelapa jatuh dari gerobak. la berhenti dan memungut kelapa yang jatuh.

Petani kelapa kembali memacu kerbau dengan cepat. Lagi-lagi, kelapanya jatuh dan ia harus berhenti dan memungutnya. Begitu seterusnya, sampai akhirnya petani kelapa tiba di rumahnya pada malam hari.

la duduk kecapaian dan berpikir, “Benar juga anak itu. Karena aku memacu kerbau dengan cepat, kelapannya jatuh dan aku harus berhenti untuk memungutnya. Itulah kenapa aku lambat sampai di rumah. Harusnya aku mengikuti kata-kata anak itu.”

Pesan Moral dari Buku Dongeng Anak Filipina : Kisah Petani Kelapa adalah jadilah anak yang cerdik dan pintar. Jangan terburu-buru saat melakukan sesuatu. Lakukanlah sesuatu dengan benar sesuai dengan kemampuan. Jangan melewati batas kemampuanmu. Sebab, kau akan rugi sendiri. (Uli)