Budi Arie Ajak Alumni UI Dan Bank Mandiri Turut Bersama-sama Bangun Desa

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Sabtu, 13 November 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi mengajak Bank Mandiri dan Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) untuk bersama-sama membangun desa.

Hal itu disampaikan Wamen Budi Arie saat menghadiri penerbitan Kartu Tanda Anggota (KTA) ILUNI UI Co-Brand Combo (fungsi kartu debit dan kartu prabayar) dan menyaksikan kerja sama penerapan solusi transaksi keuangan digital yang akan diimplementasikan pada aplikasi UI Connect 2.0, yaitu Mandiri Direct Debit, e-Commerce Payment, QRIS Online dan Fitur Top-Up Emoney di Gedung Plaza Mandiri, Jakarta pada Kamis (11/11).

Menurutnya, dalam pembangunan desa tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah saja. Namun, juga melibatkan berbagai pihak atau yang disebut pentahelix seperti perusahaan, akademisi, masyarakat atau komunitas masyarakat dan media.

“Akan ada percepatan pembangunan desa jika konsep pentahelix atau multipihak itu di kolaborasikan,” kata pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Penasehat ILUNI UI itu.

Wamen Budi Arie menyampaikan bahwa di desa memiliki banyak potensi yang ada didesa belum dimanfaatkan secara maksimal.

Sehingga, perlu ada dukungan dan inovasi dalam memanfaatkan potensi-potensi tersebut seperti di sektor perikanan, peternakan, pertanian maupun sektor perkebunan dan sejumlah sektor lainnya.

“Dari perusahaan perbankan misalnya bisa memberikan bantuan permodalan atau pengembangan dan pemberdayaan SDM, begitu juga para alumni maupun para akademisi bisa memberikan pendampingan agar desa-desa bisa lebih maju lagi. Saya optimis, langkah-langkah yang dilakukan untuk percepatan pembangunan desa bisa terwujud dengan adanya sinergitas berbagai pihak,” katanya, dilansir dari Tribunnews.com (12/11/2021).

Lebih lanjut, Wamen Budi Arie mengatakan bicara pembangunan desa masih banyak yang tertinggal di luar pulau jawa. Oleh karena itu, perlu fokus dalam mengatasi ketertinggalan tersebut.

“Kita berharap, kampus sebagai pencetak bibit unggul bersama para alumninya, mudah-mudahan bisa memberikan sumbangan yang berarti buat bangsa indonesia. Kita harapkan ini dapat terwujud utamanya dalam memberikan kontribusi bagi pembangunan indonesia,” katanya.

Dalam kegiatan penerbitan Kartu Tanda Anggota (KTA) ILUNI UI Co-Brand Combo dan kerja sama penerapan solusi transaksi keuangan digital, turut dihadiri dan disaksikan pula Jubir Satgas Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Indonesia (UI) Abdul Haris, Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar, Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Rohan Hafas, Ketua Umum ILUNI UI Andre Rahadian, Ketua Majelis Wali Amanat UI Saleh Husin. (Uli)