Buat yang Belum Tahu, Ini Tiga Fungsi Penting Grille Mobil

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Selasa, 2 Februari 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Grille menjadi salah satu bagian yang mendukung penampilan mobil. Berbagai desain diciptakan oleh pabrikan mobil, bahkan dengan ciri khas yang hanya dimiliki oleh satu jenama dan tidak ada yang memiliknya lagi.

Namun, fungsi grille sendiri tidak hanya untuk mendongkrak estetika eksterior dari sebuah kendaraan. Ada beberapa kegunaan grille ini, yang sejatinya cukup penting.

Melansir dari Liputan6.com (31/01/2021), fungsi grille sendiri beragam, dan berikut tiga di antaranya:

Menjadi Saluran Udara

Fungsi grille dalam mobil yang pertama adalah menjadi saluran udara. Mesin memiliki temperatur panas yang cukup tinggi.

Untuk itulah perlu aliran udara yang jelas dan tepat. Tentunya ini berguna untuk menjaga temperatur mesin tetap stabil hingga tidak mencapai titik overheat.

Untungnya setiap mobil sudah memiliki radiator yang sistem kerjanya juga terbantu dengan grille ini. Kisi-kisi yang memang selalu menjadi bagian dari desain grill membuat udara bisa masuk dengan mudah.

Secara garis besar, saluran udara yang diberikan oleh grill membuat sistem kerja mesin tetap maksimal sepanjang saat digunakan.

Estetika Mobil Lebih Baik

Desain mobil sepanjang sejarah dunia otomotif selalu berkembang. Hal ini juga membuat desain grille mobil menjadi berbeda-beda. Ada desain grille yang terhitung klasik dan timeless, tapi ada juga bentuk futuristik serta berbeda di antara lainnya.

Sekarang setiap pabrikan mobil mencoba memberikan desain grille yang berbeda serta terlihat ikonik. Biasanya hanya persegi panjang secara vertikal, saat ini sudah banyak desain grille yang mengarah horizontal.

Kemudian ada pula desain grille honeycomb. Intinya grill tidak hanya untuk menjaga kinerja mesin tetap prima, tetapi membuat estetika mobil menjadi lebih baik lagi.​​​​​​​

Memberikan Aerodinamika dan Performa

Tidak hanya memiliki dua fungsi di atas saja, grille mobil juga berguna untuk meningkatkan aerodinamika mobil secara optimal. Pada dasarnya, mobil harus memiliki desain aerodinamika yang baik agar memiliki performa konsisten.

Desain grille di mobil sekarang ini semakin minim lubang untuk memberikan saluran udara ke bagian mesin. Tujuan dari semakin minimnya lubang dalam grille agar udara yang menabrak bagian depan mobil bisa mengalir ke sisi samping atau atas.

jadi, tidak terlalu banyak udara yang masuk ke dalam lubang tersebut. Alasan utamanya adalah semakin banyak udara yang masuk, maka semakin besar pula hambatan mobil. Inilah yang akhirnya membuat sisi aerodinamis mobil menjadi lebih buruk. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: