Brio Satya Merajai LCGC, Honda Belum Niat Bikin Versi 7 Penumpang

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Kamis, 27 Februari 2020

Indolinear.com, Jakarta – Penjualan mobil murah ramah lingkungan alias LCGC sepanjang tahun lalu masih cukup baik, dengan mampu terkirim sebanyak 217.454 unit. Bahkan, segmen LCGC ini berkontribusi sebanyak 21 persen untuk pasar mobil secara nasional.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Honda Brio Satya menjadi raja di segmen tersebut, dengan penjualan sebanyak 54.659 unit. Sementara posisi kedua, diisi oleh Toyota Calya dengan 54.549 unit, kemudian Daihatsu Sigra sebanyak 52.283 unit.

Nah, jika dilihat dari tiga besar segmen LCGC, dua di antaranya adalah mobil tujuh penumpang. Sedangkan Honda Brio Satya, sebagai citycar lima penumpang.

Lalu, dengan melihat kondisi pasar yang ada, apakah PT Honda Prospect Motor (HPM) berminat untuk menjadikan Brio Satya sebagai tujuh penumpang dan menyaingi Toyota Calya dan Daihatsu Sigra?

Dijelaskan Yusak Billy, Business Innovation and Sales Marketing Director PT HPM, pihaknya masih belum berniat membuat Brio Satya tujuh penumpang. pasalnya, untuk segmen tersebut, pabrikan berlambang huruf H ini masih memiliki Honda Mobilio.

“Kita lihat skala prioritas lah. Konsumen butuhnya apa, dan pasar maunya apa sih. Sepertinya bukan itu (LCGC tujuh penumpang),” jelas Yusak saat berbincang dengan wartawan di bilang Senayan, jakarta Pusat, dilansir dari Liputan6.com (25/02/2020).

Bahkan, Honda sendiri belum melakukan pembahasan terkait Brio Satya tujuh penumpang, meskipun pabrikan asal Jepang ini tetap terus mengamati pasar, dan apa kebutuhan di segmen tersebut.

Mengawali tahun ini, PT Honda Prospect Motor (HPM) mencatatkan pertumbuhan penjualan yang positif pada bulan pertama 2020. Sepanjang Januari, sebanyak 12.603 unit terjual dan meningkat tiga persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar 12.190 unit.

Honda Brio Satya masih menyumbangkan kontribusi tertinggi untuk Honda tahun ini, dengan penjualan sebanyak 4.348 unit pada Januari 2020. Angka tersebut meningkat 20 persen dibanding Januari tahun lalu. Sementara Honda Brio RS, meraih penjualan sebesar 1.297 unit, juga meningkat 6 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Penjualan Honda bulan pertama tahun ini juga banyak didukung oleh Honda HR-V 1.5L, yang terjual sebanyak 2.329 unit dan Honda Mobilio yang terjual sebanyak 1.735 unit, atau naik 18 persen dari bulan yang sama tahun lalu.

Sedangkan jajaran model lainnya yang turut menyumbangkan penjualan, adalah Honda Jazz sebanyak 1.158 unit dan Honda CR-V sebanyak 990 unit. Sementara Honda BR-V sebanyak 400 unit, Honda HR-V 1.8L sebanyak 168 unit, dan Honda Civic Hatchback sebanyak 68 unit. (Uli)

INDOLINEAR.TV