BPBD Memastikan Banjir Yang Merendam Beberapa Wilayah Di Bekasi Kini Sudah Surut

FOTO: wartakota.tribunnews.com/indolinear.com
Senin, 1 November 2021
loading...

Indolinear.com, Bekasi – Ketua Pelaksana BPBD Kota Bekasi Enung Nurcholis mengatakan, banjir yang merendam beberapa wilayah Kota Bekasi akibat luapan Kali Bekasi, kini sudah surut.

Banjir surut seiring menurunnya ketinggian air Kali Bekasi sehingga tidak lagi meluap ke permukiman warga.

Kendati demikian, Enung tetap meminta masyarakat tetap waspada akan pontesi banjir.

“Update saat ini (banjir) sebenarnya sudah surut ya dari Kali Bekasi, dan memang tidak ada kiriman lagi tapi sebaiknya memang tetap waspada,” kata Enung Nurcholis, dilansir dari Wartakota.tribunnews.com (01/11/2021).

Menurut Enung, luapan Kali Bekasi terjadi akibat banjir kiriman dan sempat membuat beberapa wilayah di Kota Bekasi terendam, terutama wilayah di bantaran aliran sungai (DAS) Kali Bekasi.

Selain itu, wilayah Bogor yang curah hujannya cukup tinggi membuat debit air meningkat.

“Ya, karena memang curah hujan yang di Kabupaten Bogor itu cukup lama dan lebat jadi menyebabkan menambah debit air yang dari, kalo kita itu hulunya di Cilumas, kemudian jembatan Wika baru kesini (Bekasi),” ujarnya.

Banjir yang sempat merendam beberapa pemukiman warga di Kota Bekasi itu sangat merugikan, namun belum dapat diperhitungkan nilai kerugian yang terjadi.

Kondisi banjir ini dinilai belum parah.

Karena itulah warga diminta tetap waspada.

Menurut informasi BMKG, hujan deras masih akan terjadi sehingga warga di permukiman sepanjang DAS Kali Bekasi harus tetap waspada.

“Kita tetap waspada karena kemungkinan cuaca yang masih belum memungkinkan, tetapi emang sekarang semua sumber aliran perumahan perumahan yang DAS sudah surut semua dan tidak ada genangan lagi,” ucapnya. (Uli)