Bonus SEA Games Atlet Indonesia Buat Negara Tetangga Terkejut Dan Tergiur

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Kamis, 26 Mei 2022

Indolinear.com, Jakarta – Bonus untuk kontingen Indonesia yang meraih medali SEA Games membuat sejumlah atlet negara tetangga terkejut. Bahkan, mereka tergiur untuk membela Indonesia.

Hal ini merujuk hadiah uang yang diberikan pemerintah Indonesia untuk atlet berprestasi pada SEA Games 2019 di Filipina. Para peraih medali untuk nomor perorangan mengantongi uang dengan jumlah besar.

Kala itu, peraih medali emas memperoleh Rp 500 juta. Peraih medali perak diganjar uang Rp 300 juta sedangkan peraih perunggu mendapatkan Rp 150 juta.

Nah, bagaimana dengan para peraih medali pada SEA Games 2021 di Vietnam? Pemerintah belum menentukan besaran bonusnya, tetapi apa yang dilakukan tiga tahun lalu bisa menjadi rujukan.

Soal besarnya bonus atlet Indonesia ini membuat para atlet negara tetangga terkejut. Demikian menurut laporan kantor berita Antara, yang sempat berbincang dengan sejumlah atlet Asia Tenggara dalam SEA Games 2021.

Mereka memberikan reaksi yang sama ketika mengetahui bonus yang diterima atlet Indonesia dalam SEA Games 2019.

“Wow, mereka bisa langsung menjadi jutawan!” ujar atlet taekwondo Malaysia, Jason Loo Jun Wei, dilansir dari Kompas.com (25/05/2022).

Pernyataan ini tak berlebihan karena bonus yang diterimanya sangat jauh dibandingkan para atlet Indonesia. Jason Loo, peraih medali emas taekwondo kategori poomsae ganda campuran SEA Games 2019 hanya memperoleh 20.000 ringgit Malaysia (sekitar Rp 66 juta).

Nominal yang tak jauh berbeda diterima atlet Filipina, Jeordan Dominguez. Peraih medali emas kategori gaya bebas poomsae hanya menerima bonus 300.000 peso (sekitar Rp 83 juta).

“Wah banyak sekali. Kalau begitu saya juga mau menjadi atlet Indonesia,” ujar Dominguez.

Taekwondoin Vietnam, Nguyen Dinh Khoi, juga membeberkan bonus yang diterima. Dikatakannya, pemerintah Vietnam mengguyur bonus 30 juta dong Vietnam (sekitar 18 juta) untuk peraih emas, 20 juta dong (sekitar Rp 12 juta) untuk perak dan 10 juta dong (Rp 6 juta) untuk perunggu.

Untuk SEA Games 2021, Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali, sudah memastikan para peraih medali akan mendapatkan bonus dari pemerintah.

Meski demikian, dia belum dapat menyebutkan nominal bonus yang akan diterima atlet atau cabang olahraga penyumbang medali pada pesta olahraga multievent Asia Tenggara tersebut. Indonesia menempati peringkat ketiga SEA Games Vietnam 2021.

Tim Merah-Putih pulang membawa 69 keping medali emas, 91 perak dan 81 perunggu. Juara umum SEA Games 2021 adalah Vietnam selaku tuan rumah dengan raihan 205 emas, 125 perak dan 116 perunggu. Thailand ada di urutan kedua (92 emas, 103 perak, 136 perunggu). (Uli)

loading...