Bocah 19 Bulan Terima Penghargaan Atas Aksi Heroik Sang Ayah

FOTO: bbc.com/indolinear.com
Senin, 6 Januari 2020
loading...

Indolinear.com, Australia – Putra seorang relawan yang meninggal dunia dalam upaya pemadaman kebakaran hutan dan semak di Australia, dianugerahi penghargaan medali atas keberanian ayahnya.

Harvey Keaton, yang berusia 19 bulan, mengenakan seragam dan mengisap empeng ketika dia menerima medali anumerta ayahnya saat upacara pemakaman di Sydney, Kamis.

Puluhan petugas pemadam kebakaran menggelar upacara khusus di hadapan peti jenazah untuk memberikan penghormatan kepada Keaton.

Keaton dan koleganya, Andrew O’Dwyer, meninggal dunia pada 19 Desember saat dalam perjalanan menuju lokasi kobaran api, ketika truk pemadam kebakaran yang mereka tumpangi menabrak pohon tumbang.

O’Dwyer, yang juga ayah dari anak balita, akan dimakamkan pada minggu depan.

Penghargaan keberanian diberikan kepada putra Harvey Keaton oleh Komisaris Pemadam Kebakaran New South Wales, Shane Fitzsimmons.

Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, juga menghadiri pemakaman itu, dilansir dari Bbc.com (05/01/2020).

Morrison mengatakan dia berada di upacara pemakaman untuk “mengingat dan berterima kasih atas atas apa yang dilakukan Geoff Keaton”.

Foto-foto yang dirilis oleh Dinas Pemadam Kebakaran New South Wales memperlihatkan sang anak digendong oleh ibunya ketika melihat peti.

Mug dengan pesan “Ayah, aku mencintaimu!” terlihat pada peti tersebut.

Selain Keaton dan O’Dwyer, petugas pemadam kebakaran lainnya meninggal pada Senin ketika angin kencang membalikkan truknya, menewaskan satu orang dan melukai dua lainnya.

Sejak September, total 18 orang telah tewas akibat kebakaran, tujuh di antaranya di New South Wales pada pekan ini saja. Yang lainnya dinyatakan hilang.

Ribuan petugas pemadam kebakaran telah dikerahkan setiap hari selama berbulan-bulan, untuk memadamkan api berskala besar yang belum bisa dikendalikan.

Sebagian besar mereka adalah relawan yang tidak dibayar. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: