BKSAP Mengadakan Sosialisasi Diplomasi Parlemen Di Universitas Djuanda

FOTO: dpr.go.id/indolinear.com
Minggu, 23 Januari 2022

Indolinear.com, Jakarta – Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI mengadakan sosialisasi diplomasi parlemen DPR RI dalam rangka “BKSAP SDGs Day” di kampus Universitas Djuanda (Unida), Bogor, Jawa Barat. Dipimpin Wakil Ketua BKSAP DPR RI Mardani Ali Sera, tim BKSAP mengajak seluruh sivitas akademika di kampus tersebut untuk lebih mengenal ide dan gagasan diplomasi antar parlemen di tingkat global.

“BKSAP Day ini adalah wadah mendekatkan AKD ini dengan teman-teman di luar khususnya kampus. Karena kami berharap ide besar dan gagasan ini bisa tersemai di kampus-kampus,” ujar Mardani ditemui usai acara yang berlangsung di Gedung Kampus Unida, Bogor, dilansir dari Dpr.go.id (22/01/2022). Adapun tim BKSAP disambut baik oleh sivitas akademika Unida.

Mardani menyampaikan apresiasinya terhadap antusiasme masyarakat kampus tersebut. “Responnya sangat baik, dari sambutan rektor dan pertanyaan mahasiswa semuanya antusias dan punya minat besar,” urai politisi Fraksi PKS itu. Sementara itu pihak kampus Unida menyatakan permohonan mereka kepada BKSAP agar dapat membantu universitas tersebut untuk bisa bekerja sama dengan kampus top 100 university in the world.

Menurut Mardani, dengan pihak Unida yang tengah berproses menjadi universitas riset di tahun 2026 nanti, kerja sama tersebut akan terbuka. BKSAP akan mendukung upaya itu dapat mendorong komunikasi dengan pihak terkait baik di komisi bersangkutan maupun institusi pendidikan. Dalam kesempatan kali ini pun BKSAP juga mengajak kampus untuk lebih dekat dan bisa berinteraksi dengan DPR lewat program magang di institusi parlemen itu.

Sebagai informasi, diplomasi DPR melalui BKSAP berperan strategis menjadi salah satu agen utama yaitu sebagai fasilitator, koordinator, dan server dalam menjalankan aktivitas diplomasi pendidikan. Diplomasi parlemen dapat menjadi mitra strategis kampus untuk mewujudkan diplomasi pendidikan. Untuk itu, peran diplomasi parlemen DPR RI ini perlu disosialisasikan ke kampus-kampus salah satunya Unida yang telah dikunjungi. (Uli)