BKSAP Mendorong Peningkatan Peran Aktif Parlemen Dalam Merespon Perubahan Iklim

FOTO: dpr.go.id/indolinear.com
Kamis, 11 November 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Anggota Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Heru Widodo mendorong peningkatan peran parlemen dalam aksi bersama sebagai respon terhadap perubahan iklim. Hal tersebut disampaikan Heru dalam Pertemuan Tahunan Forum Parlemen Asia Pasifik (APPF) Ke-29 yang diselenggarakan di Republik Korea dan diikuti oleh seluruh perwakilan negara di Asia Pasifik.

Politisi Fraksi PKB ini mengaku senang dapat berpartisipasi dalam Working Group/Kelompok Kerja (Pokja) ini dan untuk menyusun draf resolusi yang akan menjadi hasil dari Pertemuan Tahunan APPF tahun ini di Republik Korea.

Hadir secara virtual dari ruang rapat BKSAP, Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Selasa (9/11/2021), Anggota Komisi III DPR RI ini mengajukan usulan resolusi bersama tentang Peningkatan peran parlemen dalam respon perubahan dan aksi bersama respon perubahan iklim.

“Indonesia menekankan pada pengarusutamakan paradigma ekonomi hijau dalam pembangunan nasional dan mempercepat transisi ke energi terbarukan seperti tenaga angin, tenaga surya, dan tenaga air,” terang Heru, dilansir dari Dpr.go.id (10/11/2021).

Selanjutnya, memanfaatkan pendekatan lokal dan berbasis masyarakat, solusi berbasis alam, dan kearifan lokal dan tradisional (local wisdom) dalam melaksanakan kebijakan dan program mitigasi perubahan iklim dan adaptasi iklim.

“Parlemen Indonesia mendorong anggota parlemen untuk menggandakan upaya mereka dalam mendorong negara masing-masing dalam mencapai Kontribusi yang Ditentukan Secara Nasional dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) pada perubahan iklim,” tuturnya.

Selain itu, Delegasi BKSAP DPR RI juga menyerukan untuk memperkuat kemitraan publik dan swasta dalam membangun alternatif dana untuk mempercepat implementasi SDGs yang mencakup aksi iklim.

Hadir dalam Pertemuan Tahunan Forum Parlemen Asia Pasifik (APPF) Ke-29 secara virtual antara lain Anggota BKSAP DPR RI Effendy Sianipar yang juga Anggota Komisi IV DPR yang menangani pertanian, perkebunan, kelautan, dan perikanan. Serta Anggota BKSAP Asman Abnur, yang mewakili Komisi XI bidang keuangan, perencanaan pembangunan, perbankan, dan lembaga keuangan non-perbankan. (Uli)