BKSAP DPR RI Perkuat Kerja Sama Dengan Parlemen Ceko

FOTO: suara.com/indolinear.com
Rabu, 29 Juni 2022

Indolinear.com, Jakarta – Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI menggelar pertemuan dengan Komite Urusan Luar Negeri, Pertahanan dan Keamanan, Senat Parlemen Republik Ceko, Mr. Pavel Fischer, di Praha, Ceko, Kamis (23/6/2022). Delegasi dipimpin Wakil Ketua BKSAP, Achmad Hafisz Tohir didampingi Ketua BKSAP, Fadli Zon, dan Wakil Ketua BKSAP Putu Supadma dan Mardani Ali Sera. Pertemuan membahas isu Indo-Pasifik, perang Rusia-Ukraina, serta penguatan kerja sama pertahanan, ekonomi, perdagangan, pendidikan dan pariwisata.

Dilansir dari Suara.com (28/06/2022), Hafisz membuka pertemuan dengan menyampaikan pentingnya membangun perspektif positif dalam menyikapi isu Indo-Pasifik. Hal ini tentunya menjadi poin penting bagi penyusunan EU Strategy for Cooperation in Indo-Pacific. Disampaikan pula kepada Mr. Pavel Fischer bahwa Indonesia berkomitmen untuk menjadikan kesejahteraan, stabilitas dan demokrasi sebagai tujuan utama kerjasama Indo-Pasifik.

Selain itu, Delegasi BKSAP DPR RI juga meminta dukungan parlemen Ceko untuk akselerasi perundingan Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA) yang saat ini memasuki perundingan ke-11. Senat Parlemen Ceko pun menyambut baik hal tersebut dan berkomitmen untuk segera mempercepat perundingan selama Ceko memegang Presidensi di Uni Eropa pada periode Juli-Desember 2022. Hal ini diperlukan untuk meningkatkan hubungan perdagangan kedua belah pihak.

Dalam bidang pertahanan juga disepakati Indonesia dan Republik Ceko akan terus memperkuat kerjasama terutama dalam rangka modernisasi Alutsista Indonesia. Terkait isu konflik Rusia-Ukraina, Ketua BKSAP Fadli Zon juga menyampaikan bahwa saat ini Indonesia merupakan anggota Task Force IP for Russia-Ukraine Conflict, dan terus berkomitmen untuk mendorong diplomasi antar parlemen untuk menghentikan perang.

Wakil Ketua BKSAP, Mardani Ali Sera juga menyampaikan pentingnya kerjasama bidang pendidikan melalui kerja sama antar universitas mengingat Indonesia memiliki jumlah penduduk usia sekolah yg tinggi.  Dalam Pertemuan tersebut juga membicarakan penguatan kerjasama sektor pariwisata. Wakil Ketua BKSAP Putu Supadma Rudana juga meminta kemudahan visa bagi wisatawan Indonesia untuk berkunjung ke Ceko. (Uli)