Bisakah Memphis Depay Menggantikan Peran Messi Di Barcelona?

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Rabu, 18 Agustus 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – FC Barcelona memulai hidup baru pasca-kepergian Lionel Messi dengan kemenangan atas Real Sociedad. Rekrutan anyar Blaugrana, Memphis Depay, bermain bagus pada laga tersebut.

Barcelona menjamu Real Sociedad di Stadion Camp Nou pada jornada pembuka kompetisi teratas Liga Spanyol, LaLiga, musim 2021-2022, Senin (16/8/2021) dini hari WIB.

Armada Ronald Koeman berhasil menundukkan tim tamu dengan skor 4-2.

Selain Martin Braithwaite yang memborong dua gol kemenangan Barcelona, performa apik juga ditunjukkan oleh Memphis Depay.

Pemain asal Belanda itu memberikan assist untuk gol pertama Blaugrana yang dicetak oleh Gerard Pique.

Sepakan bebas Depay disambut oleh tandukan Pique yang tak bisa diantisipasi oleh kiper Real Sociedad, Alex Remiro.

Depay juga berkontribusi atas gol ketiga Barcelona yang dilesakkan oleh Martin Braithwaite.

Eks pemain Olympique Lyon itu secara cerdik memberikan umpan daerah di antara penjagaan dua pemain lawan. Bola dikejar oleh Jordi Alba yang kemudian melepaskan umpan ke depan gawang Sociedad.

Bola liar hasil sapuan tak sempurna Alex Remiro berhasil disambar Braithwaite untuk menambah keunggulan tuan rumah.

Memphis Depay created four chances in the first half vs. Real Sociedad, no player has created more in LaLiga across the opening weekend so far.

Kontribusi instan Memphis Depay pada laga debut resminya bersama Barcelona itu pun mendapatkan pujian dari sang pelatih, Ronald Koeman.

“Memphis bermain bagus dan memberikan assist yang bagus,” ujar Koeman, dilansir dari Kompas.com (17/08/2021).

Dengan awal yang bagus itu, lantas bisakah Depay menggantikan peran yang ditinggalkan oleh Lionel Messi?

Menemukan pengganti Messi jelas bukan pekerjaan mudah bagi Barcelona. Tanpa Messi, kubu Blaugrana harus menemukan formula yang tepat agar mereka tetap bisa bersaing di jalur juara.

Media Spanyol, SPORT, pada Selasa (10/8/2021) lalu memuat hasil studi yang dilakukan oleh Olocip, sebuah perusahaan teknologi yang bergerak di bidang artificial intelligence atau kecerdasan buatan.

Pihak Olocip disebut telah melakukan penelitian untuk mengidentifikasi pemain terbaik di skuad Barcelona saat ini yang layak menggantikan Lionel Messi.

Menurut hasil penelitian itu, pengganti terbaik dengan kemiripan sebanyak 73 persen adalah Memphis Depay.

Sebelum debut kontra Real Sociedad, Depay sendiri sudah menunjukkan penampilan apik selama masa pramusim di mana ia mencetak tiga gol dari empat laga uji coba.

Menggantikan pemain sehebat Lionel Messi adalah tugas yang luar biasa berat. Bagaimana pun juga, Messi adalah pesepak bola dengan level berbeda dari pemain kebanyakan.

Namun, kehadiran Memphis Depay dengan awal yang bagus setidaknya memunculkan harapan baru bagi Barcelona.

Kini, tugas Depay adalah menjaga konsistensi agar bisa membuktikan bahwa ia layak mengisi peran yang ditinggalkan Messi di Barcelona. (Uli)