Bisa Terinfeksi COVID-19, Begini Gejala yang Akan Muncul Pada Anak-Anak

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Selasa, 24 Maret 2020

Indolinear.com, Jakarta – Walau tidak menunjukkan gejala yang parah seperti orang dewasa, anak-anak juga bisa terinfeksi virus corona atau COVID-19. Gejala yang muncul pada anak ini tak berbeda jauh dari orang dewasa walau tidak mencapai tahap berbahaya.

Dokter Darmawan Budi Setyanto, spesialis anak dari Unit Kerja Koordinasi Respirologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengatakan, gejala sistemik COVID-19 pada anak bisa berupa demam, rasa tidak enak badan seperti ngilu di tulang.

“Ini yang kita lihat pada anak kecil, anaknya menjadi rewel,” kata Darmawan, dilansir dari Merdeka.com (22/03/2020).

“Kemudian nafsu makan menurun. Ini adalah gejala infeksi secara umum. Demam dan kawan-kawannya,” Darmawan menambahkan.

Selain itu, gejala bisa muncul pada saluran napasnya. Darmawan mengungkapkan beberapa kondisi yang mungkin terjadi seperti batuk, pilek, atau suara napas yang berbunyi grok grok.

“Itu ketika proses penyakitnya hanya mengenai salurannya. Tetapi ketika sudah kena paru-parunya yang pneumonia, maka disertai gejala sesak,” kata Darmawan menjelaskan.

Banyak yang Tidak Diawali dengan Demam

Walaupun begitu, dia mengingatkan bahwa COVID-19 adalah penyakit yang baru. Sehingga, masih butuh diketahui benar-benar gejala spesifiknya pada anak.

“Ada laporan di luar negeri yang sudah terjadi kasus terlebih dahulu, itu pada anak-anak cukup banyak yang tidak diawali dengan demam. Jadi hanya gejala saluran napas, batuk pilek, kemudian ternyata diperiksa terkonfirmasi COVID-19,” kata Darmawan.

Dia menjelaskan, belum diketahui apakah anak yang terkena COVID-19 di usia muda akan mengalami kondisi tertentu seperti penurunan fungsi paru atau tidak di masa depan.

“Kita belum bisa menjawab, seperti pertanyaan awal tadi apakah akan menimbulkan gejala sisa atau tidak pada yang kena pneumonia, kita belum bisa menjawab persisnya seperti apa karena belum banyak kasus pada anak yang dilaporkan,” tandasnya. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT:

Berita Menarik Lainnya