Biro PP Mempelajari Pengelolaan Informasi Dan Relasi Media Dengan BPMI Setpres RI

FOTO: dpr.go.id/indolinear.com
Sabtu, 15 Januari 2022
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Biro Pemberitaan Parlemen (PP) Sekretariat Jenderal DPR RI melakukan kunjungan media (media visit) ke Biro Pers, Media, dan Informasi (BPMI) Sekretariat Presiden RI. Hal itu dalam rangka untuk mempelajari praktek terbaik dalam pengelolaan informasi dan relasi media di Setpres RI yang dapat diterapkan di lingkungan DPR RI.

“(Kunjungan) ini penting kami pelajari karena memang di lingkungan Setpres RI sudah terkelola dengan baik, misalnya bagaimana relasi dengan media, penyampaian informasinya, dan kontrolnya,” jelas Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Indra Pahlevi usai memimpin kunjungan jajaran Biro PP ke Kantor Setpres RI, Jakarta Pusat, dilansir dari Dpr.go.id (14/01/2022).

Menurut Indra, institusi DPR RI tak ubahnya seperti Kantor Setpres RI yang sama-sama lembaga negara. Sehingga, benchmarking tersebut menjadi perlu untuk pula diterapkan, salah satunya terkait dengan kecepatan penyusunan informasi, baik yang akan disampaikan kepada internal Setjen DPR RI maupun kepada media massa pada umumnya.

“Kami dapat ilmu, misalnya, kecepatan informasi (agile) itu menjadi hal yang mutlak untuk bisa dilaksanakan. Salah satunya kecepatan, ketika ada kegiatan, informasinya bisa langsung disampaikan, baik ke internal maupun ke media mainstream,” ujar Indra.

Karena itu, Indra memastikan karakteristik lincah tersebut akan terus ditingkatkan kepada setiap para staf jurnalis yang ada di internal Biro Pemberitaan Parlemen. Karena jika sudah berlalu terlalu lama kegiatan tersebut, informasi yang disampaikan tidak akan menjadi bermakna penting kembali.

“Harapannya, tentu sesuai dengan amanah pimpinan DPR, kami akan mencoba mengimplementasikan praktek terbaik yang ada di lingkungan BPMI untuk dapat diterapkan di lingkungan DPR RI. Sehingga pengelolaan informasi dan juga relasi dengan media itu menjadi lebih baik ke depannya,” harapnya

Pranata Humas Madya BPMI Setpres RI, Tri Handayani, pun berharap dari kunjungan ini dapat bermanfaat untuk peningkatan kinerja Biro Pemberitaan Parlemen. “Sehingga, nantinya dengan pola baru kinerja yang telah kami sharing akan bermanfaat terkait pengelolaan media sehari-harinya,” tutupnya.

Hadir pula dalam kunjungan media kali ini, yaitu Kepala Bagian Media Cetak dan Media Sosial, Irfan; Kepala Subbagian Media Cetak dan Website, Sugeng Irianto; Kepala Subbagian Teknik Televisi, Selo Hidayat; Kepala Subbagian Analis Media, Suciati; serta beberapa staf di Biro Pemberitaan Parlemen. (Uli)