Biro Pemberitaan Parlemen Menggelar Workshop ‘In-Depth Analisis Pemberitaan DPR’

FOTO: dpr.go.id/indolinear.com
Selasa, 21 Juni 2022

Indolinear.com, Jakarta – Kepala Biro Pemberitaan Parlemen (BPP) Sekretariat Jenderal DPR RI Indra Pahlevi mengatakan, Bagian Media Cetak dan Media Sosial (Metaksos), khususnya Sub Analis Media, merupakan unit kerja yang memiliki tugas untuk menganalisis, mengolah dan menyajikan data serta informasi pemberitaan dari seluruh kegiatan Pimpinan dan Anggota DPR RI.

Untuk itu, dalam rangka memberikan pemahaman tentang strategi dalam melakukan analisis dari sebuah berita di media massa untuk staf Sekretariat Jenderal DPR RI khususnya Sub Bagian Analisis Media, BPP DPR menyelenggarakan workshop bertema ‘In-Depth Analisis Pemberitaan DPR RI dalam Strategi Peningkatan Efektivitas Informasi Bagi Dewan’.

“Dari analisis media tersebut diharapkan Pimpinan Dewan dapat update terhadap perkembangan berita/isu yang ada di berbagai platform media di Indonesia, serta dapat memberikan tanggapan terkait berita/isu tersebut yang ke depannya diharapkan turut dapat membangun citra positif DPR sebagai lembaga respresentatif dari masyarakat.” kata Indra saat membuka workshop yang digelar di Bandung, Jawa Barat, dilansir dari Dpr.go.id (20/06/2022).

Lebih lanjut Indra menyampaikan, kehadiran DPR diperlukan dalam sebuah sistem demokrasi. Pasalnya DPR memberikan balancing atau keseimbangan jalannya suatu negara. Oleh karena itu, penyajian data serta informasi pemberitaan terkini kepada anggota dewan sangat diperlukan untuk membangun citra positif. “Bahwa lembaga ini memang diperlukan dalam sebuah sistem demokrasi. Sejelek-jeleknya dewan perwakilan rakyat di suatu negara, dia memberikan balancing,” imbuhnya.

Oleh sebab itu, Indra berharap seluruh staf yang bertugas di Sub Bagian Analisis Media, Bagian Metaksos dapat mengikuti dan memahami materi yang disampaikan para narasumber sehingga masing-masing individu memiliki kemampuan yang baik dalam menganalisis, mengolah dan menyajikan data serta informasi pemberitaan terkait DPR RI untuk kemudian diteruskan kepada Pimpinan DPR, Anggota DPR, Sekretaris Jenderal DPR RI, serta media internal DPR (Media Cetak, Media Sosial, serta TV dan Radio Parlemen).

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas para analis media untuk menghasilkan informasi yang baik dan informatif serta mudah dipahami oleh stakeholders dan berdampak positif bagi lembaga. Acara tersebut sekaligus menjadi wadah sharing/berbagi pengalaman oleh narasumber dari Drone Empirit, Yan Kurniawan dan Rizal Nova Mujahid,” tutup Indra. (Uli)

loading...