Bertemu Presiden Jerman, Jokowi Tekankan Pentingnya Kerjasama Industri 4.0

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Sabtu, 18 Juni 2022

Indolinear.com, Bogor – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan resmi Presiden Jerman, Frank-Walter Steinmeier di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (16/06/2022).

Presiden merasa terhormat Indonesia menjadi salah satu tujuan pertama kunjungan bilateral Stenmeier setelah kembali terpilih sebagai Presiden Jerman Februari lalu.

“Tentu ini menunjukkan kedekatan hubungan kedua negara yang mana Jerman adalah ketua G7 dan Indonesia adalah presiden G20,” kata Jokowi dalam pernyataan pers berasrama usia melakukan pertemuan bilateral.

Steinmeir, kata Jokowi, bukan orang baru baginya.

Ia telah bertemu Stenmeier di Jakarta saat masih menjabat Menteri Luar Negerj pada 2014 lalu.

Oleh karenanya, kata Presiden, pertemuan bilateral yang digelar antara Indonesia dan Jerman berlangsung hangat.

“Pertemuan bilateral tadi berlangsung sangat bersahabat dan produktif dan mengenai isu-isu bilateral kita fokus berbicara mengenai kerja sama ekonomi,” katanya, dilansir dari Tribunnews.com (17/06/2022).

Dalam pertemuan bilateral itu, Presiden menekankan pentingnya kerja sama di industri 4.0, khususnya percepatan pengembangan SDM.

“Telah terdapat MoU antara Kementerian Perindustrian dengan dutche Ms AG dan dengan Infineon AG yang akan ditandatangani nanti sore.

“Selain itu, Indonesia akan menjadi partner counter Hannover messe tahun 2023 setelah juga berpartisipasi di pameran industri 4.0 di Hannover tahun 2022 ini,” katanya. (Uli)

loading...