Bertahun-Tahun Seorang Kakek Menimbun Sampah Di Kamar

dreamcoid/indolinear.com
Minggu, 5 November 2017
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, Prancis – Jean, lelaki tua di Prancis, mempunyai kebiasaan unik. Dia mengumpulkan barang-barang bekas dan `sampah` di dalam kamar apartemennya.

Kisah Jean sempat diabadikan Arnaud Chocon, fotografer asal Prancis. Uniknya, dilansir dari Dream.co.id (03/11/2017), Arnaud rela menemani Jean tinggal selama setahun.

” Di foto saya, kamu bisa melihat apartemen Jean dan semua barang yang dia bawa. Dia menemukan benda-benda itu di tempat sampah setiap malam tanpa kecuali, terutama makanan, surat kabar dan barang tak biasa yang tidak akan dia gunakan,” kata Arnaud.

” Saya benar-benar ingin menunjukkan perbedaan kontras antara penyakit dan kecerdasan pria ini,” tambah Arnaud.

Jean, kata Arnaud, sebetulnya memang pria yang cerdas. Jean pernah bekerja sebagai teknisi bangunan hingga 2002. Jean, kata Arnaud, memiliki sejumlah uang pensiun untuk hidup.

Tetapi, Jean mengidap sindrom diogenes atau dikenal sebagai sindrom ingatan. Sindrom ini ditandai dengan seringnya berada sendiri dan menimbun sampah.

” Jean menjelaskan, dia mulai menggali sampah untuk mencari uang dan makan. Dia berbeda dengan kebanyakan kita, namun dia cerdas,” ucap Arnaud.

Arnaud selalu memuji kecerdasan Jean karena, pria tua itu kerap pergi ke kuliah umum dan perpustakaan umum. ” Dia memiliki logika yang berbeda dari kita, itu saja,” ucap dia.

Saat memotret keseharian itu Arnaud kerap harus bergelut dengan bau dan terbatasnya sudut memotret. Meski begitu, Arnaud kerap menemukan barang-barang yang tak dia sangka.

” Dia menemukan buku-buku bagus dan makanan supermarket yang tidak enak dimakan. Dia memiliki pendekatan lingkungan,” ucap dia.

Dalam gambar yang berhasil diprotet Arnaud, tampak wastafel kamar mandi yang dipenuhi tumpukan karton bekas makanan. Di foto lainnya, tampak Jean mengais-kais tempat sampah di malam hari.

Setahun sekali, dinas kebersihan kota membersihkan rumah Jean demi alasan kesehatan. (Uli)