Bersiap, Toyota Yaris Hybrid Akan Meluncur Tahun2023

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Sabtu, 4 September 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Toyota Yaris sedan bakal mendapatkan model generasi baru pada kuartal ketiga 2022, diikuti versi hybrid setahun kemudian. Model generasi ketiga pertama kali diperkenalkan pada 2013, dan selama bertahun-tahun telah menerima banyak pembaharuan di berbagai pasar Asia.

Seperti dilansir dari Liputan6.com (02/09/2021), sedan asal Jepang ini akan mengalami perombakan besar-besaran, dan model generasi berikutnya sudah dalam proses, serta diharapkan akan diluncurkan pada kuartal ketiga 2022.

Sesuai laporan, Toyota Yaris sedan (Vios) generasi berikutnya dijadwalkan tiba di pasar Thailand pada Agustus 2022, diikuti pasar internasional lainnya.

Model yang akan datang, dengan nama kode D92A, dan akan dibangun di atas platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Platform ini, yang juga menopang Toyota Raize, adalah versi murah dari Toyota New Global Architecture (TNGA).

Dengan platform baru, Vios generasi berikutnya diharapkan lebih ringan dan lebih aman, serta lebih baik untuk dikendarai.

Laporan itu juga mengklaim bahwa raksasa mobil Jepang berencana untuk menambahkan opsi powertrain hybrid ke kendaraan, tetapi itu akan diperkenalkan setahun kemudian, sekitar Agustus 2023. Dengan elektrifikasi menguasai industri otomotif global, ini tampaknya sangat mungkin terjadi.

Mesin

Belum ada rincian tentang hibrida Vios yang tersedia. Ada kemungkinan bahwa Vios dapat menggunakan penyetelan hibrida dengan bensin berkapasitas 1,5 liter yang tersedia di Toyota Prius C. Powertrain ini dinilai pada output daya gabungan 100 PS (74 kW), dengan peringkat daya individu menjadi 73,4 PS untuk mesin bensin dan 61,2 PS untuk motor listrik.

Toyota belum merilis pernyataan apa pun tentang Vios generasi berikutnya, atau bahkan mengisyaratkannya. Model Vios saat ini dijual di berbagai pasar dengan nama yang berbeda, dan saat ini juga dijual di India, dalam pra-facelift dengan nama Yaris. (Uli)