Berlangsung Meriah, Serpong Utara Jadi Tuan Rumah MTQ ke- X Tingkat Kota Tangsel

FOTO: Eksklusif Kecamatan Serpong Utara for indolinear.com
Selasa, 10 September 2019

Indolinear.com, Tangsel – Kecamatan Serpong Utara menjadi tuan rumah kegiatan besar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kota Tangerang Selatan ke 10.

Ajang tahunan besar ini lokasinya digelar di Masjid Nur Asmaul Husna Alam Sutera, Pakualam, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan selama empat hari pada 9-12 September 2019.

Diawali dengan Pawai Ta’aruf pada Senin pagi, sekitar lima ribu orang memenuhi jalan Bhayangkara untuk menampilkan berbagai keahlian. Mulai dari penampilan drum band, polisi cilik, pencak silat, reog ponorogo hingga tampilan pejabat dan staff pemerintah dengan busana-busana menarik.

Menurut Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie, bahwa kegiatan Pawai Ta’aruf dilaksanakan dalam rangka pembukaan MTQ tingkat Kota Tangerang Selatan untuk memeriahkan ajang tahunan ini.

“Dalam Pawai Ta’aruf ditampilkan berbagai macem potensi dari setiap kecamatan di Tangerang Selatan, potensi alam, potensi sumber daya manusia dan potensi-potensi yang lainnya.  Alhamdulillah saya melihat antusiasme kelompok-kelompok masyarakat baik per kecamatan maupun per kelompok sekolah dan lainnya,” ungkap Benyamin.

Lanjutnya, ia merasa optimis bahwa pelaksanaan MTQ ke 10 tingkat Kota Tangerang Selatan ini akan berjalan dengan sukses.

“Luar biasa, tadi saya lihat bagaimana potensi pertanian ditampilkan, kita memang bukan daerah pertanian, tetapi hasil-hasil pertanian hortikultura itu ditampilkan sedemikian rupa dahsyat,” jelasnya dengan penuh antusias.

Kemudian juga lanjut Benyamin, bagaimana antusiasme kelompok-kelompok pengajian sebagai potensi sumber daya manusia, itu semua tampil keluar dan budaya persilatan sebagai warisan budaya bangsa tadi juga ditampilkan.

“Saya pikir semua kecamatan baik dan memiliki keunikan tersendiri. Nanti ini akan dilombakan, panita akan memilih salah satu  peserta pawai Ta’aruf yang terbaik,” bebernya.

Harapannya MTQ selama 4 hari kedepan ini akan berjalan dengan sukses dan akan menghasilkan qori qori ah yang bagus, untuk persiapan MTQ tingkat Provinsi ditahun yang akan datang.

“Jadi kita punya waktu hampir setengah tahun untuk melakukan pembinaan dan kita ingin mempertahankan juara umum MTQ tingkat provinsi yang Insya Allah akan dilaksanakan tahun mendatang, dan tuan rumahnya adalah kita Kota Tangerang Selatan,” paparnya.

Sementara, Walikota Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mengatakan, disetiap event penyelenggaraan MTQ seperti saat ini sepatutnya untuk senantiasa memperbarui dan memantapkan niat bahwa penyelenggaraan MTQ adalah melambangkan ibadah. Karena yang di musabaqahkan adalah Qalam dan firman Allah Subhanahu Wataala.

“Disadari penyelenggara MTQ senantiasa diarahkan pada upaya mengukuhkan kecintaan dan menggairahkan masyarakat untuk senantiasa mempelajari dan memahami isi Al-quran sebagai petunjuk dan pedoman hidup insan paripurna dan yang tak kalah pentingnya dilaksanakan dengan ikhlas,” ungkapnya.

Airin mengucapkan, terima kasih kepada dewan hakim yang sudah bergabung yang nantinya akan menilai dari 7 kecamatan.

“Mudah-mudahan untuk tahun depan tidak hanya Tangerang Selatan yang juara. Tetapi Provinsi Banten pun akan juara di tingkat nasional,” ungkap Airin.

Airin melanjutkan, tahun depan Kota Tangerang Selatan akan menjadi tuan rumah MTQ Provinsi Banten yang ke-17.

“Jadilah tuan rumah yang baik dan tak lupa dan tak kalah penting dari kegiatan bukan hanya seremonial saja, bukan hanya lomba-lomba saja, disamping kita di Bulan Juni akan menyiapkan Apeksi tingkat Nasional maka harapan kita adalah ini saatnya kita mengenalkan Kota Tangerang Selatan,” jelas Airin.

Mudah-mudahan, Airin melanjutkan, menjadi tuan rumah maka akan menjadi multi player effect khususnya di bidang perekonomian dan syiar agama.

“Kepada para peserta Musabaqah Tilawatil Qur’an saya ucapkan selamat dan sukses,” beber Airin.

Airin mengucapkan, selamat bermusabaqah kepada seluruh kafilah, kegiatan MTQ dilakukan mulai tadi pagi dengan pawai ta’aruf, malam ini pembukaan, nanti penutupan di hari kamis.

“Selasa rabu kamis akan ada lomba-lomba, saya berharap bapak-ibu semua hadir dan melihat di venue-venue perlombaan,” pungkasnya.

Sementara, Camat Serpong Utara, Bani Khosyatullah mengatakan bahwa kegiatan MTQ ke 10 tingkat Tangsel ini menjadi ajang silaturahmi bagi semua warga Tangsel.

“Inilah yang ditunggu-tunggu, setelah 8 tahun menjadi Camat, baru saat ini saya menjadi tuan rumah perayaan MTQ. Kami juga berterimakasih karena sudah menunjuk kecamatan Serpong Utara menjadi tuan rumah,” ungkap Bani saat sambutan dalam pembukaan MTQ.

Dalam kegiatan ini, PT Indah Kiat Pulp and Paper membagikan 1000 Al Quran untuk seluruh peserta yang berjumlah lebih dari 640 orang, dewan hakim 135 orang dan seluruh official.

“Mudah-mudahan kegiatan MTQ ini membawa kebaikan untuk semuanya. Selanat bermusabaqah para khafilah yang ada di Tangsel. Mudah-mudahan kita mendapat keberkahan dan kesuksesan,” bebernya.(ADV)