loading...

Berjasa Untuk Tanah Kelahiran, Nama Ayah Khabib Akan Diabadikan

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Kamis, 9 Juli 2020

Indolinear.com, Jakarta – Nama mendiang Abdulmanap Nurmagomedov dikabarkan akan jadi nama salah satu tempat di Rusia.

Dilansir dari Kompas.com (08/07/2020), Abdulmanap Nurmagomedov akan diabadikan jadi nama desa tempatnya berasal. Abdulmanap Nurmagomedov adalah ayah dari petarung UFC, Khabib Nurmagomedov.

Mereka berasal dari Desa Kirovaul, di wilayah Dagestan, negara bagian Rusia. Abdulmanap Nurmagomedov meninggal dunia di sebuah rumah sakit militer di Moskow, Rusia, pada Jumat (3/7/2020).

Ayah petarung UFC itu mengembuskan nafas terakhirnya pada usia 57 tahun setelah berjuang selama dua bulan terakhir menghadapi komplikasi akibat virus Corona alias Covid-19.

Semasa hidupnya, sosok Abdulmanap sempat menjalani profesi sebagai anggota militer sebelum akhirnya menjadi pelatih seni bela diri, terutama bagi putranya, Khabib.

Abdulmanap bahkan mengubah sebagian rumah keluarganya menjadi tempat pelatihan seni bela diri di Desa Kirovaul. Dari tempat pelatihan itulah, Khabib bertransformasi dari petarung lokal menjadi bintang dan juara kelas ringan UFC.

Sebagai bentuk penghormatan terhadap Abdulmanap, Desa Kirovaul pun akan berganti nama menjadi Desa Manap. Penggantian nama desa tersebut dikonfirmasi oleh Magomedrasul Davudov selaku Kepala Desa Kirovaul.

Rencananya, penggantian nama Kirovaul ke Manap akan dilaksanakan pada hari ketujuh alias sepekan setelah berpulangnya Abdulmanap Nurmagomedov.

“Kami sekarang sedang berduka,” kata Davudov.

“Orang-orang dari berbagai wilayah di Rusia akan mendatangi kami. Untuk itu, kami nanti akan berkumpul dengan penduduk sekitar dan mengganti nama desa dari Kirovaul ke Manap,” ucap dia melanjutkan.

Di sisi lain, Khabib Nurmagomedov mengaku sudah ikhlas dengan kepergian sang ayah untuk selamanya. Hal ini disampaikan Khabib ketika berbincang dengan Kepala Republik Chechnya, Ramzan Kadyrov.

“Kami telah melakukan segala yang kami bisa. Penting untuk mengingat dan mengakuinya,” ucap Khabib.

Khabib juga mengucapkan terima kasih kepada Ramzan Kadyrov atas bantuan yang diberikan untuk menyembuhkan Abdulmanap.

Ramzan Kadyrov membantu Khabib menerbangkan ayahnya ke ibu kota Rusia, Moskow, untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.

“Biarkan (kejadian) ini menyatukan orang-orang kami (Chechnya dan Dagestan). Kami mengucapkan terima kasih, banyak terima kasih,” ucap petarung 31 tahun itu.

Abdulmanap Nurmagomedov merupakan sosok yang membuat Khabib Nurmagomedov merasa jatuh cinta pada olahraga bela diri.

Khabib tidak akan menjadi petarung terkenal UFC apabila tidak dilatih secara disiplin oleh Abdulmanap sejak kecil.

Abdulmanap, yang merupakan pemilik sabuk hitam judo, juara sambo, dan master gulat gaya bebas, awalnya tidak menginginkan Khabib menjadi atlet. Namun, seiring berjalannya waktu, pria yang disebut bapak MMA Dagestan ini luluh dan bersedia membimbing putranya.

“Ayah saya ingin saya sekolah tetapi saya ingin menjadi atlet profesional. Dia dan saya memiliki perbedaan pendapat tentang masalah ini,” ucap Khabib.

“Ayah saya akhirnya menyadari bahwa saya memiliki bakat untuk bertarung dan dia mulai mendidik saya untuk menjadi petarung terbaik pada 2005,” kata Khabib. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: