Berikut Latihan Kebugaran Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Jumat, 26 Maret 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Kebugaran jasmani bisa diperoleh dengan rutin melakukan berbagai program latihan. Salah satunya latihan kebugaran untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Seseorang perlu meningkatkan daya tahan tubuhnya supaya tidak mudah lelah saat beraktivitas.

Selain itu, meningkatkan daya tahan tubuh bisa membuat metabolisme juga semakin lancar dan sistem imun juga akan meningkat sehingga kebal dari penyakit menular maupun yang tidak.

Ada beberapa latihan yang bisa dilakukan dalam meningkatkan daya tahan tubuh di antaranya seperti push-up, pull-up, berlari, hingga berenang.

Namun demikian, dilansir dari Kompas.com (25/03/2021), latihan daya tahun tubuh pada dasarnya memiliki dua macam, yaitu:

Daya Tahan Otot (Muscular Endurance)

Muscular endurance adalah daya tahan yang menunjukkan kemampuan otot atau sekelompok otot dalam melaksanakan tugasnya dengan waktu yang cukup lama.

Untuk melatih kekuatan tubuh khususnya otot, berbagai aktivitas bisa dilakukan, dengan berlatih mengangkat, mendorong serta menarik benda.

Berikut macam latihan bisa dicoba untuk meningkatkan daya tahan otot:

Latihan dengan gerakan squat jump

Latihan push-up Latihan pull-up

Latihan sit-up

Latihan angkat beban.

Daya Tahan Kardiorespirasi (Cardiorespiratory Endurance)

Daya tahan kardiorespirasi adalah latihan endurance atau daya tahan yang biasa dilakukan secara umum.

Latihan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan di seluruh bagian tubuh untuk menjalankan kerja secara terus menerus yang melibatkan kontraksi otot dengan intensitas tinggi dalam waktu yang cukup lama.

Contoh latihan untuk meningkatkan cardiorespiratory endurance yaitu berlari, berenang, dan bersepeda. Daya tahan jenis ini merupakan faktor utama dalam kebugaran jasmani.

Ada beberapa latihan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan endurance. Pertama adalah jogging. Jogging santai dengan waktu yang relatif cukup lama dapat juga digunakan untuk meningkatkan stamina.

Latihan berikutnya adalah berjalan, bersepeda, bergerak naik dan turun bukit atau dapat juga naik turun tangga dan berenang. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: