Berikut Ini Lima Manfaat Berpuasa Untuk Kesehatan Kulit

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Senin, 11 April 2022

Indolinear.com, Jakarta – Berpuasa seringkali dijalani karena menjadi kewajiban bagi umat Islam. Namun kini, banyak juga orang yang berpuasa untuk mendapatkan manfaat kesehatan.

Selain manfaat kesehatan, ternyata berpuasa juga sangat bermanfaat untuk kulitmu. Kamu bisa mendapatkan kulit yang lebih lembap dan cerah ketika berpuasa secara rutin.

Hal tersebut pun dipengaruhi oleh perubahan kondisi tubuh serta kebiasaan saat berpuasa. Dilansir dari Dream.co.id (09/04/2022), berikut manfaat berpuasa untuk kesehatan dan penampilan kulit.

  1. Meredakan Peradangan

Berpuasa dapat membantu menurunkan berat badan dan mengatasi obesitas. Hal tersebut membuat peradangan maupun iritasi pada kulit pun mereda. Sehingga, kulitmu bebas dari jerawat atau kekambuhan pada penderita eksim maupun psoriasis.

  1. Mencegah Proses Penuaan Kulit

Potensi stres akan menurun saat berpuasa. Pasalnya, produksi sel atau hormon stres oksidatif akan berkurang saat berpuasa. Maka dari itu, kamu akan merasa lebih tenang ketika berpuasa. Hal itu juga yang daoat mencegah proses penuaan kulit, seperti munculnya kerutan, garis halus, serta pengenduran.

  1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kesehatan kulit dipengaruhi oleh proses pencernaanmu. Sehingga ketika menjalani pola makan teratur, kondisi kulit pun akan membaik. Potensi untuk memiliki jerawat juga akan berkurang selama berpuasa.

  1. Mengoptimalkan Proses Regenerasi Sel Kulit

Mungkin, pola tidurmu akan berubah saat berpuasa. Namun, bangun tidur saat sahur akan membuat tidurmu lebih nyenyak di malam hari. Sehingga, kualitas tidur di malam hari pun meningkat. Ketika berhasil meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur di malam hari, kulitmu juga akan mengalami proses regenerasi sel yang lebih optimal.

  1. Membuat Kulit Lebih Kenyal

Berpuasa mampu mengontrol kadar gula dalam darah yang seringkali menyebabkan masalah kulit ketika sedang meningkat. Masalah kulit yang bisa dialami ketika gula darah meningkat adalah rasa gatal, tertarik, kering, dan jerawat.

Jadi ketika berpuasa, kulitmu pun akan terasa lebih lembap dan kenyal. Bahkan, berpuasa juga diklaim bisa meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit semakin lembap dan awet muda. Tentunya, hal tersebut bisa didapatkan jika didukung dengan menjalani pola hidup sehat dan melakukan perawatam kulit secara rutin. (Uli)

loading...