Berikut Ini Lima Bahan Ampuh Atasi Kulit Dehidrasi

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Selasa, 3 Desember 2019

Indolinear.com, Jakarta – Semua jenis kulit bisa mengalami dehidrasi, bahkan yang berminyak sekalipun. Pada kulit kering, dehidrasi ditandai dengan pengelupasan, kasar atau bersisik.

Sedangkan pada kulit berminyak, dehidrasi ditandai dengan produksi sebum berlebih yang dapat memicu beruntusan.

Jika merasa kulitmu dehidrasi, berikut beberapa tips mengatasinya yang dilansir dari Dream.co.id (01/12/2019).

Kunyit dan Minyak Kelapa

Kunyit dapat membantu mengurangi peradangan dan kulit kering. Sedangkan, minyak kelapa bermanfaat untuk melembapkan, menenangkan, dan menyegarkan kulit.

Tambahkan beberapa tetes minyak kelapa ke setengah mangkuk kunyit. Kamu bisa menambahkan minyak almond atau susu untuk membuat campurannya lebih kaya manfaat dan mempertahankan kelembapan kulit.

Gunakan Serum yang Melembapkan

Oleskan serum yang melembapkan kulit sebelum memakai pelembap. Pastikan serumnya mengandung asam hialuronat yang juga diproduksi secara alami oleh kulit, Memenuhi asupan yang dibutuhkan kulit dapat menjaga kesehatannya.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat melembapkan kulit dalam waktu singkat. Bahan ini kaya akan asam lemak dan antioksidan yang dapat melembapkan kulit. Campurkan dengan pelembab atau scrub saat mengaplikasikannya.

Susu

Susu mengandung asam laktat yang dapat menghilangkan sel kulit mati dan membantu menjaga kelembapan kulit. Coba gunakan susu ketika sedang mandi atau memakai lulur.

Madu

Madu memiliki sifat humektan, antioksidan dan antimikroba yang dapat melembapkan. Madu juga mengandung mineral dan vitamin yang penting untuk kulit. Gunakan madu pada kulit sebelum mandi dan lihat perbedaannya.

Trik Menjaga Kesehatan Kulit di Cuaca Panas

Belakangan ini terik matahari terasa lebih menyengat dari bisasanya. Cuaca panas membawa pengaruh buruk bagi kulit. Seperti tubuh, kulit manusia juga bisa dehidrasi.

Kadar air pada kulit berperan penting dalam menjaga kelembapan dan regenerasi kolagen. Dehidrasi dapat menyebabkan kulit terasa kering, berisisik hingga memicu tanda penuaan dini seperti garis halus dan keriput.

” Keep hydrate, jangan sampai kurang minum air. 2 liter per hari sudah paling minimum,” ujar dr. Devina Nova Estikaratri, Head of Erha.DNA di Jakarta, Kamis 24 Oktober 2019.

Sahabat Dream juga bisa menyemprotkan face mist agar kulit wajah tetap segar. Selain menjaga kadar air dari dalam, gunakan produk skincare untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan debu di cuaca panas.

Perlindungan Kulit

Sunscreen merupakan produk yang tidak boleh Sahabat Dream lewati. Bukan hanya kulit wajah, seluruh tubuh harus terlindungi dari sinar matahari.

Gunakan sunblock atau body lotion yang mengandung SPF dan UV filter. ” Di kawasan Asia, jumlah minimunnya 30 SPF. Jangan malas reapply,” tegasnya.

Sunscreen idealnya diaplikasikan kembali pada kulit setelah empat jam pemakaian. Bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan kembali sunscreen.

Di cuaca terik, jangan langsung mencuci wajah memakai air dingin usai berpanas-panasan. Perubahan yang terlalu mendadak dapat membuat kulit mengalami syok.

Aplikasikan sunscreen setelah wajah bersih. ” Jangan lupa dipakai ke leher. Kadang wanita lupa memakai skincare di sana, akibatnya leher jadi bintik-bintik flek hitam,” katanya. (Uli)

INDOLINEAR.TV