Berikut Ini Enam Tips Membuat Rumah Ramah Lingkungan

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Senin, 2 Mei 2022

Indolinear.com, Jakarta – Berkelanjutan atau sustainability bukanlah sebuah konsep melainkan sebuah cara hidup. Namun banyak sering salah mengartikannya dan menghubungkannya dengan penggunaan energi yang minimalis. Dengan pendekatan holistik, berkelanjutan adalah sebuah gagasan tentang gaya hidup yang ramah lingkungan.

Anda pun bisa mulai melakukannya dari lingkungan terkecil seperti rumah. Tingginya pencemaran lingkungan dan juga poluasi udara menjadi kekhawatiran tersendiri, karenat kedua hal ini akan sangat memengaruhi kualitas kesehatan. Kalau tidak dijaga dengan baik, maka bukan tidak mungkin berbagai penyakit akan menyerang.

Demi mengatasi hal ini, memilih perumahan yang ramah lingkungan cukup banyak dijadikan pertimbangan, setidaknya ada enam cara sederhana untuk mengubah rumah Anda menjadi tempat yang ramah lingkungan, dilansir dari Liputan6.com (30/04/2022).

  1. Merencanakan dan mendesain rumah

Sangat penting untuk memastikan bahwa ada penggunaan cahaya dan ventilasi alami secara maksimal. Tiap merencanakan atau mendesain ulang rumah, Anda perlu memperhatikan berbagai elemen seperti halaman, taman teras, taman atap, dinding hijau vertikal, dan kolam air.

Dengan cara ini kita dapat mengurangi suhu internal rumah setidaknya dua hingga tiga derajat dan menciptakan efek iklim mikro. Praktik yang berkelanjutan ini sangat membantu dalam mengurangi jejak karbon dan penggunaan elektronik.

  1. Pakai pembersih alami

Menggunakan bahan kimia berbahaya untuk membersihkan rumah juga berdampak buruk bagi lingkungan. Produk pembersih konvensional juga menimbulkan risiko seperti luka bakar pada kulit dan mata. Pembersih hijau tidak bersifat korosif dan memenuhi standar ketat tentang toksisitas inhalasi dan menyerap di kulit.

  1. Gunakan produk daur ulang

Daur ulang membantu mengurangi penggunaan energi, mengurangi konsumsi bahan baku segar, mengurangi polusi udara dan polusi air (dari penimbunan limbah) dengan mengurangi kebutuhan akan pembuangan limbah konvensional, dan mengurangi emisi gas rumah kaca.

Selain mendaur ulang, Anda juga bisa memperbaiki furnitur rumah tanpa harus membeli baru, seperti mengubah warna dan menciptakan tampilan yang sama sekali baru. Jadi, kalau Anda perlu memberikan tampilan baru pada rumah, pertimbangkanlah untuk mendaur ulang furnitur.

  1. Pasang panel surya

Panel surya adalah fitur vital untuk eco-home. Panel surya tidak hanya memberi Anda listrik yang benar-benar bersih, namun juga membantu memotong tagihan listrik dan menghemat uang.

Hal ini bisa menjadikan mereka investasi jangka panjang dengan biaya perawatan yang rendah dan memungkinkan rumah Anda ramah lingkungan.

  1. Sistem pengolahan air yang tepat

Air menjadi salah satu hal terpenting dan perlu dikelola dengan baik. Rumah ramah lingkungan biasanya punyai sistem khusus untuk urusan yang satu ini.

Gunakan sistem pengolahan air yang tepat dan bersih tentunya. Bukan hanya air bersih, tapi pengolahan limbah air juga menjadi hal yang tak kalah pentingnya. Sehingga lingkungan di rumah Anda dan sekitarnya terbebas dari pencemaran dan punya ketersediaan air bersih.

  1. Buat pupuk kompos

Untuk meningkatkan kualitas tanah dengan mengembalikan kelembaban, udara, dan nutrisi, Anda bisa membuat pupuk kompos. Pupuk ini juga mengurangi jumlah air yang dibutuhkan untuk berkebun, sehingga membantu melestarikan sumber daya berharga.

Pupuk kompos bisa terdiri dari daun kering, rumput yang dipotong, dan limbah dapur organik. Selanjutnya, Anda dapat menggunakan kompos ini untuk menanam sayuran dan banyak lagi. (Uli)

loading...