Berikut Ini Empat Penyebab Mulut Bau Ketika Berpuasa

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Senin, 26 April 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – samping merasa haus, hal yang sering dialami saat berpuasa adalah bau mulut. Ini akan sangat mengganggu ketika harus berkomunikasi dengan orang lain.

Akibatnya, orang tidak akan nyaman berbicara denganmu ketika tidak mengenakan masker kesehatan. Sebenarnya, bau mulut bukan dikarenakan sedang berpuasa. Melainkan terdapat berbagai penyebab lainnya seperti yang dilansir dari Dream.co.id (24/04/2021) berikut ini.

Gigi yang kurang bersih                                    

Meski telah sikat gigi, bau mulut bisa saja muncul akibat kondisi yang kurang bersih. Itu artinya, masih ada bakteri atau sisa makanan yang ada di dalam mulut maupun sela-sela gigi.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan benang gigi, sikat gigi berbulu halus serta pasta gigi yang tepat untuk mencegah bau mulut. Selain itu, kamu pun bisa mencegah karang serta masalah gigi lainnya.

Sikatlah gigi setelah sahur atau sarapan dan sebelum tidur. Gunakanlah benang gigi sebelum sikat gigi di malam hari dan kamu bisa memakai obat kumur sesekali.

Makanan atau minuman yang berbau menyengat

Bau mulut juga dipengaruhi oleh makanan atau minuman yang dikonsumsi. Apalagi, ketika makanan dan minumannya berbau menyengat seperti bawang merah, bawang putih, jengkol serta lainnya. Bahkan, kamu bisa mengalami bau mulut selama 72 jam.

Mulut kering

Inilah mengapa bau mulut kerap dialami saat berpuasa. Air liur mampu menjaga kebersihan mulut dan mengurangi bau.

Mulut kering juga sering dialami oleh perokok. Sehingga, kebiasaan tersebut sangat berpotensi menyebabkan bau mulut.

Masalah gigi dan mulut

Ketika mengalami gusi berdarah, karang gigi dan masalah lainnya, kamu akan lebih rentan bau muulut.

Konsultasikan pada dokter gigi agar kondisi tersebut segera diobati dan kamu pun bebas dari bau mulut. (Uli)