Berikut Ini Empat Penyebab Hiperpigmentasi Pada Kulit Kaki

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Jumat, 4 Desember 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Selain di wajah, kamu bisa mengalami hiperpigmentasi di seluruh bagian tubuh, termasuk kaki. Hiperpigmentasi akan selalu mengganggu penampilan.

Hiperpigmentasi bisa disebabkan oleh banyak hal dan diatasi dengan  berbagai cara. Dilansir dari Female Network, berikut penyebab hiperpigmentasi pada kaki, dilansir dari Dream.co.id (02/12/2020).

Hair removal

Mencukur bulu kaki dengan cara yang kurang tepat akan membuat folikel rambut teriritasi dan meradang. Penumpukan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori akan menyebabkan ingrown hairs dan hiperpigmentasi.

Paparan sinar UV

Penyebab utama hiperpigmentasi adalah paparan sinar UV. Terutama, jika kamu tidak memakainya setiap 3-4 jam sekali. Oleh karena itu, kamu perlu menggunakan tabir surya ke seluruh area tubuh untuk mencegah hiperpigmentasi.

Kondisi kulit tertentu

Jerawat bisa muncul di kaki dan disebabkan oleh infeksi pada folikel. Infeksi pada folikel bisa disebabkan pemakaian pakaian ketat dan berkeringat. Psoriasis dan eksim juga bisa menyebabkan hiperpigmentasi.

Melanoma

Hiperpigmentasi bisa menjadi gejala tipe kanker seperti melanoma. Apalagi, jika hiperpigmentasi yang dialami juga terasa gatal, berdarah dan berubah warna. Konsultasikan pada dermatologis untuk mengatasinya. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: