Berikut Ini Beberapa Manfaat Renang Untuk Pertumbuhan Tubuh

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Selasa, 1 Juni 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Renang merupakan jenis olahraga prestasi yang biasa dilombakan pada ajang nasional hingga internasional.

Selain itu, renang juga bisa dijadikan sebagai pelengkap diwaktu senggang atau sekedar rekreasi untuk melepas penat.

Di balik itu semua, ternyata terdapat banyak manfaat dari renang. Salah satunya adalah membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

Selain itu, renang juga memiliki manfaat untuk pertumbuhan tubuh seperti menambah tinggi badan dan membentuk otot.

Adapun pengaruh renang terhadap pertumbuhan tubuh diantaranya adalah pernapasan, kelenturan, dan daya tahan.

Seperti dikutip dari Kompas.com (31/05/2021), karya Aisya Husen, berikut manfaat renang untuk pertumbuhan tubuh.

Menambah tinggi badan

Berenang secara baik dan benar akan membuat tubuh bisa lebih tinggi, terutama bagi para anak-anak, remaja atau anak muda yang masih dalam masa pertumbuhan.

Sebab, ketika berenang, seseorang tanpa sadar telah menggerakan hampir semua anggota tubuh, terutama tangan dan kaki.

Hal inilah yang akhirnya berpengaruh terhadap pertumbuhan tinggi badan seseorang.

Membentuk otot

Saat melakukan aktivitas renang, seseorang pasti akan menggerakan hampir keseluruhan otot-otot pada tubuh, seperti, kepala, leher, anggota gerak atas, dada, perut punggung, pinggang, anggota gerak bawah, dan telapak kaki.

Oleh karena itu, saat berenang tubuh secara otomatis akan mengeluarkan energi lebih besar karena harus melawan massa air.

Kondisi itulah yang akhirnya dapat menguatkan dan melenturkan otot-otot pada tubuh. Selain dua manfaat di atas, renang juga memiliki manfaat lainnya, yakni:

Melatih pernapasan

Kegiatan ataupun olahraga renang sudah pasti akan melibatkan fungsi pernapasan. Karena melibatkan fungsi pernapasan, renang diyakini dapat membuat sistem pernapasan seseorang menjadi lebih kuat.

Oleh sebab itu juga, banyak orang kemudian menyarankan para penderita asma untuk rajin berenang agar pernapasan menjadi lebih sehat, lancar, dan tarikan napas jadi lebih panjang.

Memperkuat fungsi jantung dan paru-paru

Selain melatih pernapasan, sebagai salah satu latihan kardio, renang juga bisa memperkuat otot jantung dan paru-paru. Oleh karena itu, renang termasuk pilihan olahraga yang tepat untuk menyehatkan tubuh. (Uli)