Berikut Enam Bahan Alami Yang Bisa Menghilangkan Komedo

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Sabtu, 16 Januari 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Meski tidak terlalu terlihat seperti jerawat, komedo tetap menjadi masalah kulit yang sangat mengganggu.

Pasalnya, komedo bisa membuat wajahmu terlihat tidak mulus karena pori-porimu semakin membesar akibat sumbatan kotoran serta minyak.

Komedo yang berwarna kehitaman juga akan merusak penampilan dan membuatmu terkesan jorok karena kurang maksimal membersihkan wajah.

Lalu, bagaimana menghilangkan komedo dan membersihkan pori-pori? Dilansir dari Dream.co.id (14/01/2021), berikut tips membersihkan komedo menggunakan bahan alami.

Baking soda

Baking soda sering digunakan untuk membersihkan wajah secara maksimal. Pemakaiannya pun cukup mudah.

Kamu hanya perlu mencampur satu sendok makan baking soda dengan dua sendok makan air. Aplikasikan campurannya pada wajah dan biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas.

Selalu perhatikan reaksi kulit sesudah memakai produk atau bahan alami yang belum pernah digunakan pada wajah sebelumnya agar lebih aman serta tidak menyebabkan iritasi.

Teh hijau

Teh hijau dapat menghilangkan racun maupun kotoran pada wajah. Sehingga, dapat mengatasi komedo.

Campurkan satu sendok makan daun teh kering dengan air hingga mengental. Lalu, aplikasikan pada wajah selama 15-20 menit dan bilas menggunakan air.

Putih telur

Putih telur seringkali digunakan sebagai pencerah. Namun sebenarnya bisa digunakan untuk membuat wajah lebih glowing dan membersihkan pori-pori.

Pisahkan putih dari kuning telurnya. Lalu, campurkan dengan satu sendok makan madu. Aplikasikan pada wajah dan biarkan hingga mengering.

Bersihkan dengan air dan gunakan pembersih wajah untuk menghilangkan sisa masker alami.

Tomat

Tomat memiliki banyak manfaat untuk kulit. Salah satunya adalah sebagai eksfoliator alami. Bahkan, kamu tidak perlu mencampur tomat dengan apapun.

Hancurkan tomat dan aplikasikan pada wajah. Biarkan semalaman dan bersihkan wajah di pagi hari.

Bubuk kayu manis

Bubuk kayu manis mengandung antioksidan dan bisa dijadikan sebagai eksfoliator alami. Campurkan satu sendok makan bubuk kayu manis dan tetesan lemon agar lebih efektif membersihkan wajah.

Aplikasikan campurannya dan biarkan selama 10-15 menit sebelum dibersihkan menggunakan air.

Gula aren

Gula aren bisa digunakan sebagai scrub untuk eksfoliasi secara alami. Kamu bisa mencampurnya dengan madu agar lebih lembut.

Selain madu, kamu pun bisa mencampurkan gula aren dan tetesan lemon agar wajah lebih bersih serta dapat mengontrol minyak berlebih. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: