Berikut Empat Tips Merawat Rambut Ketika Mengenakan Hijab

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Sabtu, 14 Mei 2022

Indolinear.com, Jakarta – Menggunakan hijab bisa menyebabkan perubahan kondisi rambut. Perubahan yang sering dirasakan adalah rambut rontok. Kerontokan bisa disebabkan oleh kondisi rambut yang tertutup untuk waktu lama.

Rambut yang tertutup dan lembap juga bisa memicu ketombe. Terutama, jika kamu tidak merawat rambut dengan cara yang tepat dan mengganti hijab ketika kulit kepala berkeringat.

Maka dari itu, rawatlah rambutmu sebaik mungkin ketika berhijab agar tetap sehat dan bebas dari berbagai masalah. Berikut tips merawat rambut ketika berhijab dari Dokter Kulit, Arthur Simon, dilansir dari Dream.co.id (12/05/2022).

  1. Memberikan Waktu Bagi Rambut untuk ‘Bernapas’

Jika rambutmu sudah seharian tertutup oleh hijab, biarkanlah rambut bernapas di malam hari. Sebelum tidur, sisirlah rambut secara perlahan. Lalu, ikat hingga rambutmu cukup rapi.

Tapi, jangan terlalu kencang ketika mengikatnya. Selanjutnya, gunakan sarung bantal sutra untuk meminimalisir gesekan pada rambut yang menyebabkan kusut dan rontok.

  1. Menggunakan Hijab Berbahan Lembut dan Tipis

Untuk memastikan rambutmu tetap bisa bernapas, gunakanlah hijab berbahan lembut dan tipis. Bahan hijab yang lembut juga bisa meminimalisir gesekan pada rambut. Sehingga, rambutmu tetap sehat meski rutin menggunakan hijab ketika beraktivitas.

  1. Menggunakan Produk Perawatan Rambut yang Tepat

Pastikan produk perawatan rambutmu sesuai dengan kebutuhannya. Jika kondisi rambutmu berubah setelah berhijab, pilih sampo dan conditioner yang bisa meningkatkan kesehatannya. Kamu juga bisa menggunakan toner, serum, atau produk lainnya untuk membantu mencegah maupun mengatasi berbagai masalah rambut.

  1. Pastikan Rambut Kering Sebelum Menggunakan Hijab

Kebiasaan buruk yang kerap dilakukan pengguna hijab maupun orang lain adalah mengikat atau menutup rambut ketika belum benar-benar kering. Hal ini bisa menyebabkan rambut maupun kulit kepala bau serta berjamur atau berketombe.

Jadi, keringkan rambut menggunakan hairdryer atau cukup diangin-anginkan hingga benar-benar mengering serta tidak terlalu lembap sebelum mengikat rambut maupun memakai hijab. (Uli)